Faktor produksi modal dapat berupa

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Faktor produksi modal dapat berupa

Faktor produksi modal dapat berupa A. Uang, mesin, dan gedung

A. Uang, mesin, dan gedung  

B. Uang, tenaga ahli, dan pasar  

C. Hasil pertanian dan tenaga ahli

D. Uang, hasil pertanian, dan potensi tambang

Pembahasan

Faktor produksi dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu alam (lahan), modal, tenaga kerja, serta kewirausahaan.

  1. Faktor produksi alam adalah segala sesuatu yang disediakan oleh alam untuk digunakan sebagai faktor pendukung produksi barang dan jasa. Pemilik lahan berperan sebagai pemasok faktor produksi alam kepada perusahaan. Sebagai imbalannya, ia akan mendapat balas jasa berupa sewa atas faktor produksi yang ditawarkan.
  2. Faktor produksi modal tidak selalu berwujud uang. Faktor produksi modal terdiri atas barang modal dan uang. Barang modal dapat berupa mesin, gedung, serta alat-alat yang digunakan untuk kepentingan produksi. Rumah tangga konsumen yang meminjamkan faktor produksi modal dalam bentuk uang akan memperoleh balas jasa berupa bunga.
  3. Faktor produksi tenaga kerja adalah faktor produksi yang berupa tenaga kerja manusia. Rumah tangga konsumen yang memiliki faktor produksi tenaga kerja akan memperoleh balas jasa berupa upah atau gaji.
  4. Faktor produksi kewirausahaan/keahlian adalah keahlian dalam mengatur, mengorganisasikan, serta mengambil risiko dalam menjalankan suatu usaha. Rumah tangga konsumen yang memiliki faktor produksi kewirausahaan akan mendapat balas jasa berupa keuntungan/laba.

Detail Jawaban

Kelas         : VIII

Mapel       : Ilmu Pengetahuan Sosial

Bab           : Bab 3 – Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN.

Baca Juga  Contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi

Kode        : 8.10.3

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Faktor produksi modal dapat berupa Semoga Membantu.