Masa perjuangan perlawanan kaum padri

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Masa perjuangan perlawanan kaum padri

Perang Padri terjadi selama kurun waktu 35 tahun. Perang ini terjadi antara kaum Adat dengan kaum Padri. Tepatnya pada tahun 1803-1838. Kaum Padri dipimpin oleh seorang ulama bernama Tuanku Imam Bonjol.

Kaum Padri adalah sebutan bagi kaum Islam disana. Kaum Padri memiliki kebiasaan sesuai syariat yang duterapkan oleh Islam. Diseberang dari kaum Padri, terdapat kaum Adat. Kaum Adat cenderung memiliki keterbalikan sikap dari kaum Padri. Seprti berjudi, mabuk-mabukan, mencuri dan sebagainya. Kaum Padri merasa kesal dengan kelakuan kaum Adat. Akhirnya, pada tahun 1803 pecahlah perang Padri. Kaum Adat semakin lama semakin terdesak. Hingga pada tahun 1821, kaum Adat mengadakan perjanjian dengan Belanda untuk menguasai sebagian wilayah mereka bila berhasil mengalahkan kaum Padri. Perangpun kembali pecah. Namun, kini kaum adat dibantu oleh Belanda. Kaum Padri berhasil ditaklukkan pada Oktober 1837. Dan Tuanku Imam Bonjol ditangkap pada 25 Oktober 1837, serta diasingkan ke Lota, Minahasa.

  • c. Ringkasan Perang Padri

Perang Padri terjadi antara kaum Padri dan kaum Adat pada tahun 1803-1838 di Sumatera Barat. Kaum Padri adalah kaum Islam yang menjalankan segala hal sesuai syariat Islam. Selain kaum Padri, terdapat kaum Adat. Kaum Adat melakukan hal yang berbalik 180° dari kaum Padri. Mereka suka mencuri, berjudi, berzina, mabuk-mabukan dan lain sebagainya. Suatu saat kaum Padri merasa tidak dihargai dengan sikap kaum Adat. Akhirnya, kaum Padri memutuskan perang terhadap kaum Adat yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol. Peperangan pecah antara kaum Padri dengan kaum Adat pada 1803. Kaum Adat semakin terdesak dalam peperangan. Akhirnya, pada tahun 1821 kaum Adat mengadakan perjanjian dengan Belanda, untuk memberi mereka sebagian wilayah bila dapat mengalahkan kaum Padri. Peperangan berlanjut antara kaum Adat yang dibantu Belanda dengan kaum Padri. Belanda awalnya kewalahan dalam memerangi kaum Padri. Kemudian, mereka mendatangkan bala bantuan. Sehingga, kaum Padri semakin terdesak. Perlu waktu yang lama hingga akhirnya Belanda dapat menguasai benteng Bonjol pada Oktober 1837. Mereka pun berhasil menangkap Tuanku Imam Bonjol pada 25 Oktober 1837. Diapun diasingkan ke Lota, Minahasa.

Pembahasan

Perang padri adalah sebuah pertempuran antara kaum Padri (Islam) dengan kaum adat. Perang Padri terjadi di Minangkabau, Sumatera Barat. Perang Padri terjadi pada 1821-1838.

Baca Juga  Dalam perlombaan lari jarak pendek atlet menggunakan start

Biografi Singkat Tuanku Imam Bonjol

Bernama asli Muhammad Shahab. Lahir pada 1 Januari 1772. Ayahnya adalah seorang ulama besar, begitupun dengannya. Memiliki gelar Peto Syarif, Malin Basa, dan Tuanku Imam Bonjol. Beliau menjadi pemimpin kaum Padri dalam perang Padri. Dan beliau wafat pada 8 November 1864, di Lota, Minahasa tempat pengasingannya.

========================================

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Ringkasan Perang Padri : brainly.co.id/tugas/22284514
  2. Perjalanan Perang Padri : brainly.co.id/tugas/4957853

Detail Jawaban

  • Mapel : IPS (Ilmu Sosial)
  • Kelas : V
  • Bab : 5 – Sejarah Perang Padri
  • Kode Kategorisasi : 5.10.5
  • Kata Kunci : Perang padri, Penjajahan belanda, Kaum padri

=======================================

#AyoBelajar

#OptiTeamCompetition

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Masa perjuangan perlawanan kaum padri Semoga Membantu.