Sebutkan 10 nabi dan rasul yang kamu ketahui

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan 10 nabi dan rasul yang kamu ketahui

10 nama Nabi dan Rasul adalah sebagai berikut.

  1. Adam
  2. Idris
  3. Nuh
  4. Hud
  5. Shalih
  6. Ibrahim
  7. Luth
  8. Ismail
  9. Ishaq
  10. Yaqub

Pembahasan

Nabi dan Rasul

Nabi dan Rasul adalah seorang pria yang diberi wahyu oleh Allah. swt untuk disampaikan kepada dirinya dan umatnya. Jumlah Nabi yang telah kita ketahui ada sekitar 216.000 orang, jumlah Rasul ada 313 orang, dan jumlah Nabi dan Rasul ada 25 orang. Diantara 25 Nabi dan Rasul tersebut, akan kita bahas 10 Nabi dan Rasul pertama

1. Adam

Nabi Adam adalah seorang Nabi pertama di muka bumi. Ia turun ke bumi bersama Hawa setelah memakan buah khuldi yang dilarang oleh Allah. Ia memiliki beberapa mukjizat, yaitu diajarkan oleh Allah tentang segala macam hal, merupakan Nabi sekaligus manusia pertama, dan diberi keturunan yang berpasang-pasangan.

2. Idris

Nabi Idris adalah Nabi kedua sekaligus keturunan ke-6 Nabi Adam. Nabi Idris merupakan orang yang rajin, cerdas dan sopan terhadap umatnya. Nabi Idris memiliki beberapa mukjizat, antara lain dapat melihat surga dan neraka,  memiliki kecerdasan di atas rata-rata, dan saat sakaratul maut dihidupkan kembali oleh Allah dan diangkat ke langit.

3. Nuh

Nabi Nuh adalah keturunan ke-9 dari Nabi Adam. Nabi Nuh tergolong Rasul ulul azmi. Ia berdakwah selama ratusan tahun, namun hanya mendapat sedikit sekali pengikut. Kemudian Allah memerintahkannya untuk membuat sebuah kapal besar yang akan menyelamatkan dirinya dan umatnya saat banjir besar.

4. Hud

Nabi Hud adalah Nabi ke-4 yang diutus Allah swt. untuk berdakwah kepada kaum Ad’. Kaum ini adalah kaum penyembah berhala yang tentu sangat berlawanan dengan ajaran tauhid.

Baca Juga  Prosedur yang digunakan untuk membersihkan layar saat program dijalankan adalah

5. Shalih

Nabi Shalih adalah Nabi ke-5 yang diutus oleh Allah swt. untuk berdakwah kepada kaun Tsamud, keturunan kaum Ad’. Kaum Tsamud sama ingkarnya dengan kaum Ad’. Hanya sedikit dari mereka yang menjadi pengikut Nabi Shalih. Salah satu mukjizat Nabi Shaleh adalah memunculkan unta betina yang hamil 10 bulan dari batu besar yang terbelah.  Kejadian itu pun membuat sebagian kaum Tsamud menerima dakwah Nabi Shaleh dan menjadi pengikutnya. Namun sebagian lagi masih ingkar, bahkan membunuh unta yang menjadi mukjizat tersebut. Setelah berhasil membunuh unta, Nabi Shalih berdoa kepada Allah agar mengazab kaum Tsamud. Allah pun membinasakan mereka dengan hantaman petir di malam hari.

6. Ibrahim

Nabi Ibrahim adalah Nabi ke-6 yang diutus oleh Allah untuk berdakwah kepada kaumnya di daerah Babylonia. Ia merupakan salah satu Rasul yang diberi gelar ulul azmi. Ia memiliki mukjizat yaitu tidak mempan dibakar api oleh pasukan Raja Namrud. Kisahnya dengan Nabi Ismail yang diperintahkan oleh Allah untuk disembelih kemudian menjadi peringatan hari raya qurban.

7. Luth

Nabi Luth adalah Nabi ke-7 yang diutus oleh Allah swt. untuk berdakwah kepada kaum Sodom. Kaum ini terkenal karena kekafirannya yaitu suka dengan sesama jenis. Kaum ini kemudian diazab oleh Allah dengan bencana gempa bumi dan angin kencang.

8. Ismail

Nabi Ismail adalah Nabi ke-8 sekaligus anak dari nabi Ibrahim dari istrinya yaitu Siti Hajar. Nabi Ismail memiliki mukjizat yaitu ketika ayahnya bermimpi bahwa ia harus menyembelih Ismail, ia menerimanya dengan ikhlas. Lalu ketika Ibrahim hendak menyembelih Ismail, Allah menukar Nabi Ismail dengan seekor biri-biri yang besar.

9. Ishaq

Nabi Ishaq adalah Nabi ke-9 yang diutus oleh Allah swt. sekaligus anak dari Nabi Ibrahm dan adik dari Nabi Ismail. Ia memiliki mukjizat yaitu dikabulkannya doa agar istrinya yang mandul (Rafqah) bisa hamil. Ia juga memiliki keturunan yang menjadi cikal bakal Bani Israil.

Baca Juga  Tuliskan teknik teknik permainan bola voli

10. Yaqub

Nabi Yaqub adalah Nabi ke-10 yang diutus oleh Allah swt. sekaligus anak dari Nabi Ishaq. Ia memiliki beberapa mukjizat, yaitu memiliki ilmu dan akhlak yang sangat baik, memiliki 12 anak yang berpengaruh terhadap peradaban masa itu, dan menjadi nenek moyang Bani Israil.

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

Simak Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Mapel: Agama Islam / Bahasa Arab

Kelas: IV

Bab: VIII (Kisah Nabi dan Rasul)

Kata Kunci: Nabi, Rasul

Kode Kategorisasi: 4.14.8

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan 10 nabi dan rasul yang kamu ketahui Semoga Membantu.