Tujuan pemberontakan pki madiun tahun 1948 adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tujuan pemberontakan pki madiun tahun 1948 adalah

Tujuan Pemberontakan PKI Madiun Tahun 1948

Tujuan dari pemberontakan yang dilakukan oleh PKI Madiun tahun 1948 yang dilakukan oleh Muso dan pasukannya adalah untuk terbentuknya pembentukan sebuah negara Republik Soviet Indonesia yang dimana hal tersebut Indonesia akan menjadi pro Soviet dan pro komunis. Hal sebut kemudian menjadi sebuah pertentangan yang dimana dari Presiden Soekarno sendiri pemberontakan tersebut adalah sebuah ancaman bagi kedaulatan bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia dikarenakan Indonesia sendiri tidak menganut sistem komunis untuk menjadi sebuah ideologi dan juga dasar dari negara Republik Indonesia.

Tetapi pemberontakan tersebut dapat dihentikan oleh pemerintah Republik Indonesia dengan cara mengirimkan sebuah divisi yang bernama divisi Siliwangi dengan tujuan untuk menghentikan pemberontakan yang dilakukan oleh PKI di daerah Madiun. Kemudian, pemberontakan tersebut ternyata sukses untuk dihentikan oleh pemerintah Indonesia dan juga tewasnya pemimpin dari pemberontakan tersebut, yaitu Muso. Tetapi, dua orang lainnya dapat kamur yaitu Aidit dan juga Lukman ketika sedang dalam tahap pembersihan yang sedang dilakukan oleh divisi Siliwangi tersebut.

Dalam pemberontakan tersebut, terhitung ribuan orang meninggal yang dimana membentuk sebuah kekhawatiran dimana PKI telah dianggap memiliki massa yang terbilang cukup banyak dan juga mereka berhasil menguasai kalangan buruh dan juga petani. Dalam peristiwa tersebut itu pula para pejabat pemerintah, pemimpin partai dan juga santri yang dimana menolak pemikiran tersebut dan berusaha menghalanginya akan upaya pemberontakan yang dilakukan oleh PKI yang dipimpin oleh Muso tersebut akan dibunuh.

Pelajari lebih lanjut:
– PKI melakukan pengrusakan terhadap kantor gubernur di Jawa Timur ada tanggal brainly.co.id/tugas/5186490
– PKI melakukan provokasi terhadap pembentukan dewan jendral dengan tujuan brainly.co.id/tugas/5345620
– PKI dibubarkan pada tanggal brainly.co.id/tugas/5253492

Baca Juga  Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuatan

Kelas : 12
Pelajaran : Sejarah
Kategori : Bab 2 – Cold War 1947-1991
Kata Kunci : Komunis, Indonesia, Pemberontakan, PKI
Kode : 12.3.2

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tujuan pemberontakan pki madiun tahun 1948 adalah Semoga Membantu.