Pemimpin pemberontakan pki madiun tahun 1948 adalah

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pemimpin pemberontakan pki madiun tahun 1948 adalah

Siapakah pemimpin pemberontakan pki di madiun 1948, pemberontakan PKI di Madiun pada tahun 1948 dipimpin oleh Muso dan Amir Syarifudin ( Pemimpin Front Demokrasi Rakyat ). Pemberontakan PKI di Madiun pada tahun 1948 dilatarbelaknagi untuk mendirikan suatu negara dengan paham komunis, selain itu pemberontakan di Madiun juga bertujuan untuk menghancurkan pemerintahan Indonesia yang sah.

Pemberontakan PKI di Madiun sendiri dilakukan dengan cara yang keji, mulai dari melakukan penghasutan kepada Pemerintah. Hal ini dilakukan agar masyarakat benci terhadap pemerintahan yang ada. Selain itu, aktifnya Front Demkrasi Rakyat buatan Amir Syarifudin juga sangat berperan penting dalam pemberontakan PKI di Madiun. FDR buatan Amir Syarifudin sendiri memiliki peran dalam parlemen, di dalam parlemen FDR membentuk suatu kubu agar bisa menjatuhkan pemerintahan yang sah pada waktu itu.

Akibat dari pemberontakan Madiun pada tahun 1948 sendiri adalah banyaknya korban jiwa baik dari warga negara Indonesia maupun dari pihak yang pro PKI. Hal ini disebabkan perlakuan yang keji dari PKI. Demikian pembahasan mengenai pemberontakan PKI pada tahun 1948, pemberontakan ini berhasil diakhiri dengan kemenangan Indonesia dengan tertembaknya Muso dan ditangkapnya Amir Syarifudin. Untuk membaca materi lainnya mengenai PKI, Pemberontakan PKI dan materi lainnya dapat dibaca pada link berikut

Detil tambahan

Kelas : 2 SMA

Materi : Pemberontakan PKI

Kata kunci : Pemberontakan PKI di Madiun pada tahun 1948

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pemimpin pemberontakan pki madiun tahun 1948 adalah Semoga Membantu.

Baca Juga  Cara menghindari perhitungan ganda dalam perhitungan pendapatan nasional adalah