Bersuci dari hadas dan najis disebut

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Bersuci dari hadas dan najis disebut

Soal :

Bersuci dari hadas dan najis dalam ilmu fiqih disebut

—————————-

Jawaban

PENDAHULUAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halo adik-adik yang sholeh dan sholehah, bagaimana kabar iman ? semoga semakin meningkat yaa ! oke kali ini kakak akan membantu menjawab pertanyaan “Bersuci dari hadas dan najis dalam ilmu fiqih disebut “ yuk langsung saja kita bahas !

PEMBAHASAN

Bersuci dari hadas dan najis dalam ilmu fiqih disebut thaharah. thaharah / bersuci secara bahasa berarti membersihkan atau membebaskan diri dari najis dan kotoran. Secara istilah yang dimaksud thaharah adalah bersuci dengan air ataut debu dengan tujuan menghilangkan segala hadas di tubuh sebelum menunaikan sholat dan ibadah lainnya yang mengharuskan kita dalam keadaan suci.

Jadi , thaharah adalah bersuci untuk menghilangkan segala kotoran baik dibadan, pakaian ataupun tempat ibadah agar sholat serta ibadah seorang muslim menjadi sah.

Dalil mengenai thaharah ada dalam AL Quran dan Hadist :

surah al baqarah ayat 222 :

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

________________________________________

Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Baca Juga  Asal kata keramik adalah keramos yang berasal dari bahasa

Rasulullah bersabda : “ Bersuci adalah separuh dari iman. ” ( HR Muslim )

KESIMPULAN :

Bersuci dari hadas dan najis dalam ilmu fiqih disebut thaharah. thaharah / bersuci secara bahasa berarti membersihkan atau membebaskan diri dari najis dan kotoran.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !

Oke adik adik Semangat!  Jangan lupa jadikan jawaban TERBAIK !

#optitimcompetition

………………………………………………………………………………………………………………………………………

DETAIL JAWABAN

Kelas : VI

Pelajaran : Agama

Kategori :  Bab 6 : wudu, tayamun dan mandi wajib

Kata Kunci : bersuci dalam islam disebut dengan thaharah

Kode : 7.14.6

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Bersuci dari hadas dan najis disebut Semoga Membantu.