Bentuk pemerintahan negara jerman adalah republik parlementer hal ini berarti

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bentuk pemerintahan negara jerman adalah republik parlementer hal ini berarti

Bentuk pemerintahan negara Jerman adalah republik parlementer hal ini berarti pengambilan keputusan terbilang cepat, karena terdapat penyesuaian pendapat antara eksekutif dan legislatif.

Pembahasan

Ciri-ciri negara parlementer

Kepala negara : Presiden

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Eksekutif presiden ditunjuk oleh badan legislatif, sedangkan untuk presiden/raja diseleksi menurut undang-undang yang berlaku di negara tersebut.

Perdana menteri memiliki hak prerogratif untuk mengangkat dan memberhentikan pejabat-pejabat(Menteri) yang memimpin departement dan non departement.

Pejabat-pejabat(Menteri) hanya bertanggung jawab kepada kekuasaan legislatif.

Kekuasaan eksekutif bertanggung jawab kepada kekuasaan legislatif.

Kekuasaan eksekutif dapat dijatuhkan oleh legislatif.

Sistem parlementer adalah sebuah sistem pemerintahan yang parlemennya atau badan legislatif memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Badan legislatif yang disebut parlemen dilaksanakan oleh sebuah pemerintah dengan sistem parlementer di mana badan eksekutif secara konstitusional bertanggungjawab kepada parlemen. Hal ini lebih efektif ketimbang dengan sistem presidensial di mana legislatif tidak dapat memilih atau memecat kepala pemerintahan dan sebaliknya eksekutif tidak dapat membubarkan parlemen. Beberapa negara mengembangkan sistem semipresidensial yang menggabungkan seorang Presiden yang kuat dan seorang eksekutif yang bertanggungjawab kepada parlemen.

Sistem parlemen relatif lebih sering dibanggakan, dibanding dengan sistem presidensial, karena kefleksibilitasannya dan tanggapannya kepada publik. Kekurangannya adalah dia sering condong membela ke pemerintahan yang kurang stabil, seperti dalam Republik Weimar Jerman dan Republik Keempat Prancis.

Negara yang menganut sistem pemerintahan parlementer adalah Inggris, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura dan Jerman, dll

Pelajari lebih lanjut  

1. Perbedaan sistem parlementer dengan semi-parlementer  

Baca Juga  Ukuran tinggi net atau jaring bola voli untuk putri adalah

—————————–

Detil jawaban  

Kelas: 11

Mapel: PPKN

Bab: Bab 8 – Menelusuri Dinamika Kehidupan Bernegara dalam Konteks Geopolitik Indonesia

Kode: 11.9.8

Kata Kunci : Parlementer

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bentuk pemerintahan negara jerman adalah republik parlementer hal ini berarti Semoga Membantu.