Tabel 1.2 perbedaan antara bpupki dan ppki

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tabel 1.2 perbedaan antara bpupki dan ppki

Jawaban:

1. Waktu Pembentukan

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk pada 1 Maret 1945

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dibentuk pada 7 Agustus 1945.

Suasana pembentukan BPUPKI adalah saat Jepang mulai terdesak oleh Sekutu dan menunjukkan tanda-tanda akan kalah., akibat serangan Amerika Serikat di wilayah yang diduduki Jepang di Samudera Pasifik.

Suasana pembentukan PPKI adalah pada saat Jepang hampir kalah, setelah pasukat Sekutu dipimpin Amerika Serikat menaklukkan Kepulauan Okinawa yang berada di lepas pantai pulau-pulau utama Jepang.

2.Jumlah Anggota

Jumlah anggota BPPUPKI terdiri dari 69 orang, yaitu 62 orang anggota aktif dan 7 orang anggota pasif.

Jumlah anggota PPKI terdiri atas 21 orang. Kemudian anggota ini ditambah lagi 6 orang.

3. Susunan Organisasi

Anggota aktif terdiri dari warga Indonesia, dan berhak untuk memiliki suara dalam rapat. Sementara anggota pasif adalah orang Jepang dan hanya berhak hadir namun tidak memiliki hak suara saat rapat.

Ketua BPUPKI adalah Radjiman Wedyodiningrat, dari golongan nasionalis tua, dengan didampingi oleh dua orang ketua muda (wakil ketua), yaitu Raden Pandji Soeroso dan Ichibangase Yosio (orang Jepang ). Pandji Soeroso juga diangkat sebagai kepala kantor tata usaha BPUPKI (semacam sekretariat) dibantu Masuda Toyohiko dan Mr. Abdoel Gafar Pringgodigdo.

Ketua PPKI adalah Ir Sukarno sedangkan wakilnya adalah Muhammad Hatta. Dalam PPKI, semuanya warga Indonesia dan orang Jepang tidak terlibat sebagaimana pada BPUPKI.

4.Tugas

Keduanya bertugas mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Namun PPKI lebih luar weweannya, termasuk merumuskan simbol negara dan undang-undang dasar negara.

5.Waktu Persidangan

BPUPKI bersifang beberapa kali. Sidang BPUPKI yang pertama pada tanggal 29 Mei- 1 Juni 1945 membahas bentuk negara dan dasar negara Indonesia.

Baca Juga  Dacron polyester dan nilon memiliki sifat yang sama yaitu

PPKI bersidang beberapa kali pula. Sidang pertama pada 8 Agustus 1945. Sidang kedua pada tanggal 19 Agustus 1945. Sidang ketiga pada 22 Agustus 1945.

6.Hasil Sidang

Sidang BPUPKI yang kedua pada tanggal 10 Juli -14 Juli 1945 membahas wilayah dan kewarganegaraan Indonesia serta tentang udang-undangdan sistem ekonomi negara.

Sementara sidang PPKI pertama membahas tugas, syarat dan memilih presiden dan wakilnya, sidang kedua membentuk kabinet dan pemerintahan provinsi, dan sidang ketiga membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) sebagai legislatur sementara.

maaf kl salah

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tabel 1.2 perbedaan antara bpupki dan ppki Semoga Membantu.