Cara menentukan ide pokok paragraf

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Cara menentukan ide pokok paragraf

Ada beberapa cara menentukan ide pokok secara sederhana, yaitu sebagai berikut!:

  • baca seluruh paragraf dengan cermat
  • cermati kalimat pertama hingga akhir
  • baca kalimat demi kalimat sampai kamu menemukan ide pokok paragraf. dalam suatu paragraf, ide pokok biasanya di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf
  • tandai ide pokok tiap paragraf
  • tandai info penting dalam tiap paragraf

Pembahasan

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Makanya, nama lain ide pokok adalah gagasan utama. Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok.

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, kalimat utama ≠ kalimat pertama. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

Cara lain menentukan ide pokok:

Mengambil kalimat utama

Cara ini adalah cara termudah dalam mencari ide pokok. Ide pokok bisa diambil langsung dari kalimat utama. Namun, ada juga beberapa kalimat utama yang tidak bisa dijadikan ide pokok. Jadi, kalimat utama bisa jadi suatu ide pokok, tetapi ide pokok belum tentu kalimat utama.

Membalik kalimat utama atau menyimpulkan kalimat utama

Cara ini juga termasuk cara mudah dalam mencari ide pokok. Kita tinggal mencari kalimat utama kemudian menyimpulkannya menjadi ide pokok atau bisa juga dengan cara membaliknya.

Menyimpulkan isi paragraf

Menyimpulkan isi paragraf digunakan untuk menentukan ide pokok jika kita tidak bisa menyimpulkan dari kalimat utama.

Contoh

Coba perhatikan paragraf berikut:

Baca Juga  Jelaskan sikap tubuh yang baik pada renang gaya dada

Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Pada paragraf di atas, ide pokoknya adalah pada kalimat pertama. Yaitu “Tidak perlu stres saat menghadapi pensiun”.

Kenapa?

Kalau kita analisis kalimat-kalimat lain, fungsi mereka hanya sebagai penjelas dari kalimat utama (kalimat pertama). Misalnya, pada kalimat ”Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai”. Kalimat ini mengacu kepada kalimat utama. Tugas dari kalimat ini adalah memberikan “alasan” dari “Mengapa orang yang pension tidak perlu stres.”

Sekarang kita coba contoh lainnya ya:

Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarkat di sekitar lokasi lokasi bencana harus segera diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih yang tercemar lumpur.

Pada paragraf ini, ide pokoknya adalah “Bencana banjir menimbulkan berbagai penyakit”

Ada yang tahu kenapa?

Ya, seperti yang bisa kita lihat di atas, kalimat lain dalam paragraf ini hanya “menjelaskan” penyakit-penyakitnya. Pada kalimat dua, misalnya. Kalimat tersebut berisi contoh dari penyakit yang ditimbulkan. Di sisi lain, kalimat terakhir menjelaskan penyebab dari munculnya penyakit tersebut.

Pelajari Lebih Lanjut  

  1. Materi tentang  pengertian paragraf brainly.co.id/tugas/4474484
  2. Materi tentang  contoh ide pokok brainly.co.id/tugas/16557047
  3. Materi tentang  pengertian ide pokok brainly.co.id/tugas/6279392
Baca Juga  Pertanyaan yang dapat diajukan korban kebakaran

—————————–

Detil Jawaban  

Kelas:
4

Mapel: B. Indonesia

Bab:
1

Kode: 4.1.1

Kata Kunci: ide pokok, paragraf

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Cara menentukan ide pokok paragraf Semoga Membantu.