Jelaskan pokok pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan uud 1945

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan pokok pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan uud 1945

Jawaban:

1. Pokok pikiran yang pertama: “Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Maksudnya itu setiap warga negara itu wajib mengutamakan kepentingan bersama dibanding kepentingan sendiri.

2. Pokok pikiran yang kedua: “Negara hendak mewujudkan keasilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Maksudnya itu, kita harus menghormati hak setiap orang karena setiap orang punya hak dan kewajiban yang sama.

3. Pokok pikiran yang ketiga: “Negara yang berkedaulatan rakyat, berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan”. Maksud kalimat ini, Indonesia adalah negara demokrasi yang berasaskan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

4. Pokok pikiran yang keempat: “Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Kita harus taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Penjelasan:

Semoga Membantu

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan pokok pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan uud 1945 Semoga Membantu.

Baca Juga  Sebutkan tiga bahan lunak dalam berkarya seni patung