Dari mana asal persediaan air sungai

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Dari mana asal persediaan air sungai

Pembahasan

1. Asal persediaan air sungai bisa berasal dari curah hujan yang terjadi dan jumlah air yang berasal dari suatu hulu sungai. Kenapa bisa dikatakan begitu? Mengingat bahwa curah hujan yang membentuk air-air bisa berkumpul untuk menjadi satu di sungai. Jadi,tak heran persediaan air sungai disebabkan curah hujan. Selain itu, air sungai itu juga bisa berasal dari wilayah yang sama. Misalnya, sungai di wilayah A bisa sampai memasuki wilayah B untuk memenuhi karena sungai yang ada di wilayah A dan di wilayah B berada di kawasan atau wilayah yang sama. Bisa dikatakan berasal juga dari berbagai tempat. Contohnya adalah laut, danau dan lainnya yang disebabkan karena adanya Hulu Sungai.

2. Masyarakat-masyarakat disekitarlah yang memanfaatkan air sungai dalam mempergunakan air sebaik-baiknya untuk melakukan kegiatan yang bisa dilakukan dengan air sungai. Selain masyarakat, tumbuhan dan hewan juga bisa mempergunakan air sungai dalam memenuhi kebutuhan untuk kehidupannya atau lebih tepatnya kelangsungan hidupnya.

3. Manfaat air sungai antara lain adalah:

  • Dalam memenuhi kebutuhan buat sehari-hari. Seperti pada penjelasan sebelumnya terhadap siapa saja yang memanfaatkan air sungai. Sudah pasti, makhluk-makhluk yang ada dibumi membutuhkan air sungai dalam kelangsungan hidupnya.
  • Bisa mengairi yang berguna untuk mengaliri tanaman. Jadinya, petani tidak perlu susah-susah dalam mengangkut air untuk menyiram tanaman. Fungsi inilah yang bisa dimanfaatkan oleh para petani dalam menyiram tanaman tanpa perlu kesusahan.
  • Sebagai sarana Transportasi untuk ke pulau-pulau yang terpisahkan oleh perairan. Adapaun beberapa destinasi yang cuma bisa dicapai dengan mempergunakan perairan yang ada disungai supaya bisa pindah ke destinasi ke pulau yang terpisahkan. Sarana transportasi yang bisa dipakai adalah perahu atau kapal. Tetapi, tidak bermodalkan perahu atau kapal saja. Melainkan air sungai juga yang ikut berperan mengaliri.
  • Sebagai Lokasi Pariwisata. Ada pun sungai yang bisa menjadi objek pariwisata yang bisa dikunjungi. Yang manfaat inilah lebih ke arah fungsi sebagai tempat wisata buat dikunjungi oleh orang-orang yang mau melihat sungai. Hal ini dikarenakan ada yang bisa diambil dari pemandangan sungai yang berupa keindahan.
Baca Juga  Perintah linux debian untuk masuk ke root super user adalah

4. Tidak, alasannya karena air yang ada disungai tidak akan berkurang sama sekali ataupun bisa menjadi jumlah yang lebih sedikit dibanding sebelumnya. Kenapa tidak bisa berkurang?? hal ini dikarenakan mengingat bahwa siklus air di sungai akan tetap kembali ke tahapan awal. Proses itulah yang dinamakan dengan Daur Air. Proses-proses yang ada di daur air antara lain adalah: Evaporasi (Penguapan air), Transpirasi (Penguapan Tumbuhan), Terjadinya Penguapan, Kondensasi (Terjadinya Pengembunan), Presipitasi , Infiltrasi (Penyerapan). Di Proses Infiltrasi inilah air yang ada di sungai sebelumnya yang sudah melewati berbagai proses daur air akan diserap kembali pori-pori tanah dan dialiri ke sungai kembali. Itulah kenapa disebut juga sebagai daur air.

5. Faktor-Faktor yang bisa mempengaruhi persediaan air sungai antara lain adalah:

1. Curah Hujan ==> Salah satu faktor yang mempengaruhi persediaan air sungai adalah Curah hujan sendiri. Jika adanya curah hujan yang tinggi, maka persediaan air sungai menjadi lebih banyak. Sebaliknya itu sendiri, Jika curah hujan disuatu wilayah terkesan rendah. Maka, persediaan air sungai di wilayah tersebut akan sedikit.

2. Cuaca ==> Faktor cuaca jika disuatu wilayah memiliki musim kemarau yang berkali-kali, maka persediaan air sungai bisa turun/sedikit dikarenakan musim kemarau menyebabkan air sungai menjadi mengering.  Sebaliknya, kalau musim hujan akan membuat persediaan air sungai akan naik dan menjadi banyak.

3. Hulu Sungai ==> Hulu Sungai adalah alur sungai yang sudah menjadi bagian tertinggi serta hulu sungai bisa diartikan sebagai awal sumbernya air dimasukkan ke sungai. Lalu, apa hubungannya dengan persediaan air sungai?. Jika terdapat adanya aliran sungai yang menderas (akan bisa menjadi naik/banyak). Dan sebaliknya sendiri, jika aliran sungai selalu dipantau untuk tidak menjadi menderas di sepanjang sungai. Maka, persediaan air sungai otomatis akan menjadi sedikit atau menurun.

Baca Juga  Bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat kolase adalah

Pelajari Lebih Lanjut

Tentang hal-hal yang berkaitan dengan ini dapat disimak juga di:

Detail Jawaban

Mapel           :  Geografi

Bab               : Litosfer

Kelas            : X

Kata Kunci   : Persediaan air sungai, manfaat air sungai, alasan air sungai tidak dapat berkurang walaupun adanya panas matahari, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persediaan Air Sungai.

Kode Kategorisasi  :  10.4.8

≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡

#OptiTeamCompetition

#FebMarch2020

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Dari mana asal persediaan air sungai Semoga Membantu.