Perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga angin adalah

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga angin adalah

Jawaban:

Perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga angin adalah … energi gerak dari angin menjaid energi listrik

Pembahasan:

Kincir angin beroperasi dengan mengubah energi kinetik (energi gerak) di angin menjadi energi listrik.

Kincir angin bekerja dengan menggunakan baling-baling yang menggerakkan rotor ketika angin bertiup. Rotor ini terhubung ke poros utama, yang memutar generator untuk menciptakan listrik.  

Sebagian besar kincir angin terdiri dari tiga bilah baling-baling yang dipasang pada tiang penyangga yang terbuat dari baja. Baling-baling ini menangkap energi angin. Saat angin bertiup, gerakan baling-baling menyebabkan rotor berputar. Serangkaian roda gigi pada bagian dalam kincir angin akan meningkatkan rotasi rotor dari sekitar 18 putaran per menit menjadi sekitar 1800 putaran per menit. Dengan kecepatan yang tinggi generator turbin bisa menghasilkan listrik.

Pembangkit listrik yang menggunakan kincir angin dan energi kinetik angin ini disebut Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Wilayah Indonesia dengan banyak angin kencang sangat mendukung perkembangan energi angin ini.

PLTB pertama di Indonesia adalah PLTB Sidrap  yang terletak di Sidenren Rappang, Sulawesi Selatan. PLTB Sidrap memiliki 30 Wind Turbin Generator (WTG) atau kincir angin, dengan kapasitas mencapai 75 MW.

Sumber energi alternatif seperti energi angin lebih ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan gas bakar berbahaya seperti karbon monoksida (gas beracun bagi manusia), karbon dioksida (gas rumah kaca penyebab pemanasan global) atau sulfur dan nitrogen oksiden (penyebab hujan asam).

———————————————————————–

Pelajari lebih lanjut

1.  Apa manfaat energi gerak pada kehidupan manusia?

Baca Juga  Jumlah pemain bola basket dalam satu tim adalah

2. Keunggulan energi alternatif adalah…  

Detail Jawaban      

Kode: 6.4.7  

Kelas: VI

Mata pelajaran: Biologi    

Materi: Energi dan Perubahannya

Kata kunci: Energi Gerak pada Angin  

 

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga angin adalah Semoga Membantu.