Tindakan tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tindakan tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi

Tindakan-tindakan dilakukan untuk menghemat energi:

  1. mengurangi penggunaan kendaraan bermotor  
  2. menggunakan transportasi umum mematikan televisi bila tidak ditonton  
  3. mematikan kipas angin dan air conditioner bila tidak ada orang di ruangan  
  4. mematikan lampu saat siang hari
  5. mematikan kompor bila tidak digunakan

Pembahasan:  

Penghematan energi, seperti energi listrik dan bahan bakar minyak (BBM), sangat penting dalam kehidupan kita dan dapat memberi manfaat. Sebaliknya pemborosan listrik akan mengakibatkan banyak persoalan, antara lain menghabiskan uang, dan meningkatkan polusi.

Contoh perilaku hemat energi antara lain adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menggunakan transportasi umum. Kendaraan pribadi menggunakan sangat banyak energi dalam bentuk bahan bakar minyak. Bila banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi, maka banyak pula BBM yang dihabiskan.

Sementara kendaraan umum akan menghemat energi karena dengan penggunaan bahan bakar minyak yang sama, kendaraan ini bisa dimanfaatkan banyak orang.

Mengurangi penggunaan alat elektronik juga merupakan perilaku hemat energi. Alat elektronik menggunakan energi listrik, yang pada gilirannya energi listrik ini dihasilkan dari pembangkit listrik yang mengkonsumsi bahan bakar seperti batu bara dan gas bumi.  

Karena itu, mengurangi penggunaan alat listrik yang tidak perlu akan mengurangi penggunaan energi. Misalnya, kita dapat mematikan televisi bila tidak ditonton, mematikan kipas angin dan air conditioner bila tidak ada orang di ruangan dan mematikan lampu saat siang hari.  

Pelajari Lebih Lanjut

Manfaat menghemat energi

Detail Jawaban    

Kode: 4.4.8  

Kelas: IV  

Mata pelajaran: Fisika  

Materi: Energi  

Baca Juga  Pencegahan pemanasan global yang dapat dilakukan oleh siswa adalah

Kata kunci: Perilaku Hemat Energi  

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Tindakan tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi Semoga Membantu.