Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf

Kalimat utama adalah salah satu kalimat dalam paragraf dan berfungsi menampung gagasan utam atau ide pokok. Adapun ide pokok dapat dimaknai sebagai ide yang mengandung inti dan digunakan untuk membangun sebuah paragraf. Namun, keberadaan ide pokok sendiri tidak cukup untuk membangun sebuah paragraf yang utuh. Untuk menjalankan tugas tersebut, dibutuhkan satu gagasan utama dan setidaknya satu gagasan penjelas. Adapun gagasan penjelas berfungsi menjelaskan gagasan utama. Gagasan ini terletak dalam kalimat penjelas dalam sebuah paragraf.

Adapun kalimat dapat diartikan sebagai kesatuan linguistik yang terdiri dari setidaknya satu klausa. Untuk dapat membangun satu klausa yang utuh, kita membutuhkan dua unsur. Kedua unsur tersebut mencakup masing-masing satu subyek dan predikat. Subyek merupakan bagian kalimat yang melakukan tindakan seperti yang diterangkan oleh kata kerja atau verba dalam predikat. Adapun predikat merupakan bagian kalimat yang mengandung kata kerja atau verba yang menerangkan tindakan yang dilakukan oleh subyek.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan sebuah teks. Kemudian, kita diminta untuk menyajikan kalimat dan gagasan utama dari setiap paragraf serta teks tersebut. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.

KALIMAT UTAMA: PEMENUHAN HAK WARGA NEGARA INDONESIA BERKAITAN DENGAN UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENCAPAI TUJUAN NASIONAL INDONESIA.

Baca Juga  Pertanyaan yang kurang tepat untuk mewawancarai seorang guru adalah

GAGASAN UTAMA: PEMENUHAN HAK WARGA NEGARA MERUPAKAN SALAH SATU APLIKASI PEMENUHAN TUJUAN NASIONAL INDONESIA.

Untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban  warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Tidak boleh hanya melaksanakan kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.

KALIMAT UTAMA: Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang.

GAGASAN UTAMA: HAK DAN KEWAJIBAN WAJIB DILAKUKAN SECARA SEIMBANG.

Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Pemilu merupakan kegiatan yang memilih orang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat.  Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.

KALIMAT UTAMA: Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat.

GAGASAN UTAMA: PEMILIHAN SECARA LANGSUNG MERUPAKAN APLIKASI DARI BERJALANNYA PEMERINTAHAN YANG DIPILIH BERDASARKAN KEDAULATAN RAKYAT.

GAGASAN UTAMA TEKS: PEMILIHAN UMUM SECARA LANGSUNG MERUPAKAN SALAH SATU UPAYA PEMERINTAH DALAM MEWUJUDKAN HAK WARGA NEGARA INDONESIA UNTUK MEMILIH PEMERINTAHAN.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang gagasan utama:

Detil jawaban

Kelas: VI

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 5 – Pendidikan

Kode kategori: 6.1.5

Kata kunci: kalimat utama, gagasan utama, gagasan utama teks, ide utama, ide pokok, ide penjelas, kalimat penjelas, karya sastra, karya sastra Indonesia, sastra Indonesia, informasi, teks, paragraf

Baca Juga  Apa arti i need you

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf Semoga Membantu.