Sesuatu yang mendasari disusunnya sebuah paragraf adalah

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sesuatu yang mendasari disusunnya sebuah paragraf adalah

Sesuatu yang mendasari disusunnya atau inti dari sebuah paragraf adalah Ide Pokok. Ide Pokok bisa juga disebut dengan Ide Utama, Gagasan Pokok, maupun Gagasan Utama.

Ide Pokok terdapat di kalimat awal, kalimat akhir, atau kalimat awal dan akhir dari sebuah paragraf.

Contoh:

Pada hari Rabu, aku pergi rekreasi ke Eco Green Park bersama teman-teman sekelasku. Kami berangkat dari sekolah pada pukul 06.09 WIB menggunakan mini bus. Memang pagi sih, tetapi perjalanan lebih mudah tanpa hambatan seperti macet.

Di perjalanan, teman-temanku kebanyakan sedang bercanda riang. Sedangkan aku lebih memilih untuk berdiam diri sambil menatap pemandangan lewat jendela kaca di sampingku. Hingga aku ketiduran karena terlalu bosan memandang pemandangan di luarku.

Kami sampai di tujuan 3 jam setelahnya dan turun dari mini bus sambil menghirup udara segar setelah 3 jam lamanya kami berada di mini bus.

Pertama, kami membeli tiket untuk kami berlima belas (12 untuk kami sementara sisanya untuk guru yang mendampingi).

Lumayan banyak yang mengunjungi tempat itu. Karena saat itu belum musim liburan, sehingga tidak terlalu banyak yang mengunjungi pada saat itu..

Kedua, kami memasuki tempat itu setelah tangan kami diberi gelang yang terbuat dari kertas untuk menandakan bahwa kami telah membeli tiket oleh petugas yang menjaga di pintu depan.

Ketiga, kami mulai berkeliling untuk melihat-lihat apa saja yang ada di tempat tersebut. Hampir semua bagian kami singgahi, kecuali Walking Bird. Kenapa? Karena waktu itu tempatnya sedang diperbaiki.

Sebelum kami pulang, kami menonton film Hanoman di Dome Theatre. Filmnya disajikan di dinding (atapnya berbentuk kubah), sehingga memerlukan untuk memutar badan untuk menyaksikan aksi-aksi seru Hanoman.

Baca Juga  Bentang alam secara umum kepulauan nusa tenggara

Selain Hanoman, kami singgah pula di bagian sampingnya. Yaitu Eco Journey. Di sana, kami bisa belajar sambil bermain dengan pemandangan 3D. Sangat seru.

Setelah kami puas, kami shalat Ashar lalu pulang.

Benar-benar perjalanan yang meletihkan, tetapi itu terbayar dengan segala hal yang terjadi dan terdapat di Eco Green Park. Benar-benar pengalaman yang paling berkesan.

Ide Pokok dari teks di atas ialah Rekreasi ke Eco Green Park, atau bisa juga Pengalaman Rekreasi ke Eco Green Park.

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kategori: Ide Pokok

Kata kunci: Ide Pokok

Kelas: 6 SD

Kode soal: 1

Kode kategori: 6.1

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sesuatu yang mendasari disusunnya sebuah paragraf adalah Semoga Membantu.