Alat yang bekerja dengan prinsip induksi elektromagnetik adalah

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Alat yang bekerja dengan prinsip induksi elektromagnetik adalah

Alat yang menerapkan induksi elektromagnetik:

  1. Generator pada Pembangkit Listrik
  2. Transformator
  3. Gitar Listrik
  4. Kompor Induksi

Pembahasan:

Induksi elektromagnetik adalah hubungan antara medan magnet dan arus listrik. Bila medan magnet berubah, maka akan timbul arus listrik. Demikian pula sebaliknya, perubahan arus listrik akan menimbulkan medan magnet.

Induksi elektromagnetik ini diterapkan dalam:

1. Generator pada Pembangkit Listrik

Pembangkit listrik pada pembangkit tenaga air, kincir angin dan pembangkit panas bumi menerapkan induksi elektromagnetik yang menghasilkan arus listrik dari perubahan medan magnet. Pergerakan turbin generator yang memiliki lilitan penghantar pada magnet ini akan menyebabkan medan magnet yang berubah-ubah, sesuai dengan perputaran magnet. Perubahan medan magnet ini menghasilkan gaya gerak listrik yang dimanfaatkan sebagai sumber energi.

2. Transformator

Transformator atau trafo adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan arus (I) dan tegangan atau voltase (V) arus listrik.

Prinsip kerja trafo adalah dengan mengalirkan arus listrik bolak balik (AC) ke kumparan kawat, yang menimpulkan medan magnet akibat perubahan arus bolak-balik ini. Hal ini menghasilkan arus listrik pada kumparan lainya. Jumlah kumparan yang lebih banyak dari jumlah kumparan asal arus akan menghasilkan tegangan atau kuat arus yang lebih besar. Sebaliknya, jumlah kumparan yang lebih sedikit akan menurunkan besar tegangan atau kuat.

3. Gitar Listrik

Magnet yang kuat pada gitar listrik menciptakan medan magnet yang mempengaruhi dawai baja gitar. Ketika dawai gitar listrik dipetik dan bergetar, ini menyebabkan medan magnet itu berubah, yang kemudian dideteksi oleh kumparan dalam gitar listrik dan diubah menjadi nada gitar. Ini berbeda dengan gitar biasa yang menghasilkan suara dari resonansi udara pada bagian dalam gitar.

Baca Juga  Tukang cukur rambut adalah contoh usaha dibidang

4. Kompor induksi

Kompor induksi memanaskan tidak dengan api, tapi dengan induksi elektromagnetik. Kompor menghasilkan arus listrik yang bervariasi, yang menyebabkan induksi elektromagnetik pada panci. Induksi ini memanjakan panci dan membuatnya dapat digunakan untuk memasak makanan.

Detail Jawaban        

Kode:  9.4.4  

Kelas: IX  

Mata Pelajaran: Fisika          

Materi: Bab 4 – Sumber, Rangkaian, Transmisi Listrik  

Kata Kunci: Induksi Elektromagnetik  

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Alat yang bekerja dengan prinsip induksi elektromagnetik adalah Semoga Membantu.