Hans christian oersted berhasil menemukan bahwa

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Hans christian oersted berhasil menemukan bahwa

Oersted menemukan bahwa di sekitar kawat berarus listrik terdapat … medan magnet

Pembahasan:

Hans Christian Ørsted, atau Oersted (1777-1851) adalah seorang ahli fisika dan kimia dari Denmark. Dia terkenal sebagai ilmuwan yang menemukan bahwa arus listrik menciptakan medan magnet, yang merupakan hubungan pertama yang ditemukan antara listrik dan magnet, atau fenomena elektromagnetisme.

Penemuan ini terjadi pada tanggal 21 April 1820, ketika dalam kuliah yang diberikannya, Ørsted memperhatikan bahwa jarum kompas dibelokkan (dari arah magnet normal menuju kutub magnet utara) ketika arus listrik dari baterai dinyalakan dan dimatikan. Pengamatan ini menunjukkan adanya hubungan langsung antara listrik dan magnet

Hubungan yang terjadi bahwa arus listrik menciptakan medan magnet ini kemudian dinamakan dengan hukum Oersted.

Temuan Ørsted kemudian dilanjutkan dan dikembangkan oleh fisikawan Prancis, André-Marie Ampère, yang menciptakan rumus tentang kekuatan magnet antara penghantar listrik yang dialiri arus. Penemuan Ørsted juga merupakan langkah besar menuju konsep energi yang terpadu, yang menghubungkan satu bentuk energi dengan energi lain.

Atas jasa-jasanya ini, satuan induksi elektromagnetik dalam sistem CGS dinamakan oersted. Banyak bangunan dan monumen di Denmark yang dibangun untuk menghormati Ørsted.

—————————————————————————————–

Pelajari lebih lanjut:

1. Besi lunak sering digunakan untuk mengisi kumparan, hal ini disebabkan…

2. Hitung besar induksi magnetik pada suatu titik yang berjarak 300 cm dari suatu penghantar lurus sangat panjang yg berarus 6A…

Detail Jawaban      

Kode:  12.6.3    

Kelas: XII  

Mata Pelajaran: Fisika      

Materi: Bab 3 – Medan Magnet

Baca Juga  On wednesday my students and i went to yogyakarta

Kata Kunci: Hans Christian Ørsted, Elektromagnetisme

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Hans christian oersted berhasil menemukan bahwa Semoga Membantu.