perpindahan panas secara konveksi dapat terjadi pada benda

perpindahan panas secara konveksi dapat terjadi pada benda

jawaban

Perpindahan panas secara konveksi dapat terjadi pada 2 zat yaitu:zat cair dan gas(fluida).

Semoga Memantumu ūüôā

Konveksi adalah perpindahan kalor atau panas yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Konveksi agak mirip dengan konduksi. Bedanya,konduksi adalahperpindahan kalor tanpa disertai zat perantara sedangkan konveksi merupakanperpindahan kalor yang di ikuti zat perantara.

Contoh Konveksi
1. Saat memasak air, maka air bagian bawah akan lebih dulu panas, saat air bawah panas maka akan bergerak ke atas (dikarenakan terjadinya perubahan masa jenis air) sedangkan air yang diatas akan bergerak kebawah begitu seterusnya sehingga keseluruhan air memiliki suhu yang sama.

2. Terjadinya angin darat dan angin laut. Pada malam hari daratan lebih cepat dingin daripada laut. Akibatnya udara panas di atas laut bergerak naik dan tempatnya digantikan oleh udara yang lebih dingin dari daratan, sehingga terjadi angin darat yang bertiup dari daratan ke lautan.

Sedangkan pada siang hari, daratan suhunya lebih cepat panas. Akibatnya udara di atas daratan akan bergerak naik dan udara yang lebih dingin yang berada di atas laut bergerak ke daratan karena tekanan udara di atas permukaan laut lebih besar daripada tekanan di atas daratan. Hal ini menyebabkan terjadinya angin laut yang bertiup dari permukaan laut ke daratan.

Baca Juga  apa yang menyebabkan mobil pada gambar disamping dapat bergerak