Alat yang digunakan untuk mengukur suhu disebut

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Alat yang digunakan untuk mengukur suhu disebut

Pendahuluan

Pengertian Alat Ukur

Dalam fisika dan teknik, pengukuran merupakan aktivitas yang membandingkan kuantitas fisik dari objek dan kejadian dunia-nyata. Alat ukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda atau kejadian tersebut. Seluruh alat pengukur dapat terkena kesalahan peralatan yang bervariasi. Bidang ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran dinamakan metrologi.

Jenis Alat Ukur

Alat Ukur Panjang

  • Digunakan untuk mengukur satuan panjang, alat yang digunakan adalah roll meter, penggaris, jangka sorong, mikrometer sekrup, welding gauge (untuk dimensi pengelasan).

Alat Ukur Temperatur/Suhu

  • Digunakan untuk mengukur besar kecil suhu ruangan, untuk alat yang digunakan berupa termometer (termogun, termometer resistensi, termometer digital, bimetal dan yang lainnya).

Alat Ukur Waktu

  • Digunakan untuk mengukur satuan waktu, alat yang digunakan bisa berupa jam dan stopwatch.

Alat Ukur Massa

  • Digunakan untuk mengetahui massa suatu benda kita dapat menggunakan neraca atau timbangan dengan berbagai tipe sesuai dengan kebutuhan. Untuk hasil yang lebih rincih kita dapat menggunakan neraca digital, sedangkan untuk yang tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi kita dapat menggunakan neraca tipe lengan gantung, sama lengan, pegas dan ohaus.

Pembahasan

Soal

Alat untuk mengukur suhu disebut?

a. Kalorimeter

b. Termometer

c. Penggaris

d. Neraca

Penyelesaian

Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat getaran. Makin tingginya energi atom-atom penyusun benda, makin tinggi suhu benda tersebut.

Baca Juga  Tentukan tinggi pohon pada gambar dibawah ini

Suhu juga disebut temperatur yang diukur dengan alat terometer Empat macam termometer yang paling dikenal adalah Celcius, Reamur, Farenheit dan Kelvin.

Termometer adalah alat untuk pengukur suhu. Termometer memanfaatkan sifat termometrik suatu zat, yaitu perubahan sifat-sifat zat karena perubahan suhu zat itu.

Kesimpulan

Alat untuk mengukur suhu disebut?

a. Kalorimeter ✘

b. Termometer ✔

c. Penggaris ✘

d. Neraca ✘

Jadi, jawabnya B.

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Alat yang digunakan untuk mengukur suhu disebut Semoga Membantu.