Termometer yang paling sesuai untuk mengukur suhu tubuh manusia adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Termometer yang paling sesuai untuk mengukur suhu tubuh manusia adalah

Termometer yang menggunakan skala 0- 100 adalah skala yang paling sesuai untuk mengukur tubuh manusia. Termometer celcius menggunakan prinsip kerja air raksa yang tidak mungkin untuk memiliki titik leleh es pada suhu dibawah 0 atau diatasnya. Suhu manusia bervariasi pada titik titik tertentu kisaran 31 – 45, namun dalam kondisi tertentu bisa melewati ambang tersebut.

Pembahasan:

Fungsi Termometer Air Raksa

Termometer adalah alat untuk mengukur suhu.Termometer menggunakan air raksa sebagai bahan utama termometer karena koefisien muai air raksa terbilang konstan, sehingga terjadi perubahan volume yang konstan akibat kenaikan atau penurunan suhu.

Pengukuran Termometer Air Raksa

Termometer air raksa umumnya menggunakan skala suhu Celsius dan Fahrenhait. Celsius memakai dua titik penting pada skalanya, yaiut suhu saat es mencair dan suhu saat terjadi penguapan air. Es mencair pada tanda kalibrasi yang sama pada termometer yaitu pada uap air yang mendidih. Saat dikeluarkan termometer dari uap air, ketinggian air raksa turun perlahan. Sehingga, pegukuran suhu celsius menggunakan suhu pencairan dan bukan suhu pembekuan. Titik didih Celcius yaitu 0 °C (212 °F) dan titik beku pada 100 °C (32 °F).

Cara Kerja Termometer Air Raksa

Termometer air raksa ini terdiri dari pipa kapiler yang menggunakan material kaca dengan kandungan air raksa di ujung bawah. Untuk tujuan pengukuran, pipa ini dibuat sedemikian rupa sehingga hampa udara. Jika temperatur meningkat, air raksa akan mengembang naik ke arah atas pipa dan memberikan petunjuk tentang suhu di sekitar alat ukur sesuai dengan skala yang telah ditentukan. Adapun cara kerja secara umum adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur disebut

1. Sebelum terjadi perubahan suhu volume air raksa berada pada kondisi awal.

2. Perubahan suhu lingkungan di sekitar termometer direspon air raksa dengan perubahan volume.

3. Volume air raksa akan mengembang jika suhu meningkat dan akan menyusut jika suhu menurun.

4. Skala pada termometer akan menunjukkan nilai suhu sesuai keadaan lingkungan.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Materi tentang perbandingan skala pada termometer brainly.co.id/tugas/25117436

Detail Jawaban:

Kelas : XI

Mapel : Fisika

Bab : Suhu dan Kalor

Kode : 11.6.5

Kata kunci : Air raksa, Suhu, Termometer

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Termometer yang paling sesuai untuk mengukur suhu tubuh manusia adalah Semoga Membantu.