Ciri ciri zaman mesozoikum antara lain

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Ciri ciri zaman mesozoikum antara lain

Hi teman-teman, saya bantu jawab ya … Jangan lupa dicek pembahasan untuk memperdalam materi dan pengetahuanmu.

Jawaban :

  1. C. Berkembangnya jenis reptil raksasa
  2. D. Kala Pleistosen
  3. C. Kapak persegi – kapak lonjong
  4. C. Penggunaan Bahasa Sansekerta dalam penulisan prasasti
  5. D. Arus Balik
  6. A. Pemimpin masyarakat dipilih berdasarkan kastanya
  7. D. Bentuk Candi yang berundak
  8. D. Agama Islam berkembang dengan mempergunakan wayang dan gamelan
  9. B. Nisan makam Sultan Malik As-Saleh
  10. C. Suluk

Pembahasan :

1)

Pada zaman Mesozoikum kita akan menjumpai makhluk hidup berupa reptil raksasa yang sering disebut dengan dinosaurus.

2)

Untuk soal ini akan dijabarkan satu persatu sebagai berikut :

  • Opsi A &B SALAH, karena pada kedua zaman perkembangan kehidupan masyarakat sudah lebih maju dari apa yang ada di pernyataan.
  • Opsi C KURANG TEPAT, pada zaman ini merupakan masa dimana manusia berkembang dengan sangat cepat dan mulai menyebar dimana sudah muncul spesies Homo Sapiens atau manusia cerdas.
  • Opsi D BENAR, Pada kala Pleistosen manusia masih berpindah-pindah tempat. Di kala ini juga terjadi penurunan suhu signifikan, sehingga mulai ada kehidupan semi menetap. Sedangkan pendahulunya yang lebih purba tidak akan dapat beradaptasi.

3)

Kapak persegi dan kapak lonjong adalah kebudayaan yang dibawa oleh bangsa Proto Melayu ke Indonesia yang dipergunakan sebagai alat batu yang lebih halus yang digunakan sebagai peralatan pertanian. Kapak persegi dibawa oleh Proto Melayu yang masuk lewat jalur Barat, sedangkan kapak lonjong dibawa oleh Proto Melayu yang masuk lewat jalur Timur.

4)

Perhatikan kembali soal ! Hal yang ditanyakan adalah bukti, berarti merujuk kepada “Peninggalan sejarah yang ada sampai saat ini“. Hal ini lebih merujuk ke prasasti sebagai peninggalan sejarah. Pada zaman sekarang kita menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa keseharian bukan bahasa Sansekerta.

Baca Juga  Tuliskan jenis jenis gambar ilustrasi

5)

Dalam proses penyebaran agama Hindu-Budha secara teori arus balik ini adalah masyarakat Indonesia yang aktif karena menganggap Hindu-Buddha adalah agama yang menarik dan tanpa paksaan untuk masuk. Jadi, mereka datang langsung ke India untuk belajar Agama Hindu-Buddha dan kemudian kembali pulang ke Indonesia untuk menyebarkannya.

6)

Untuk soal ini dijabarkan satu persatu sebagai berikut :

  • Opsi A BENAR, karena menurut pada zaman Hindu-Buddha raja pertama kali akan dipilih berdasarkan kastanya. Sistem kasta ini akan membagi sistem ke dalam 4 golongan, yaitu Brahmana sebagai penegak keagamaan (pendeta, biksu, dll); Ksatria sebagai penegak pemerintahan (pemimpin baik raja, bupati, dll); Waisya sebagai penegak perekonomian (pedagang); dan Sudra sebagai penegak pembangunan (buruh). Keempat ini harus ada agar mencapai tujuan bersama.
  • Opsi B dan D SALAH, dengan memiliki makna yang sama, kedua pernyataan ini lebih merujuk hanya ke sistem pemerintahan masyarakat asli Indonesia yaitu Primus Interpares yaitu diambil dari warga yang bijaksana atau berpengalaman yang diberi gelar Datuk.
  • Opsi C KURANG TEPAT, walaupun sekilas sama, namun yang dimaksud pada soal adalah sistem pemerintahan yang pertama kali dibuat. Opsi C lebih merujuk pada sistem pemerintahan pasca pemilihan raja pertama.

7)

Lagi – lagi bertemu dengan hasil kebudayaan ! Ingat hasil kebudayaan adalah yang bisa dilihat sampai saat ini. Maka lebih merujuk pada bangunan candi yang berundak (D) .

8)

Untuk soal ini dijabarkan satu persatu sebagai berikut :

  • Opsi A & B KURANG TEPAT, karena untuk masuk ke Islam dapat beberapa persyaratan yaitu salah satunya sudah menjadi rahasia umum jika mengucap kalimat syahadat dan mampu untuk menerapkan ajaran Agama Islam dengan baik di kehidupan.
  • Opsi C KURANG TEPAT, karena tidak relevan dengan soal yang ditanyakan.
  • Opsi D BENAR, gamelan dan wayang adalah budaya akulturasi dimana ceritanya diambil dalam kitab-kitab peninggalan Hindu, namun digubah lebih menarik dengan pargelaran wayang yang disertai dengan gamelan dan tembang yang bersifat islami. Hal ini menyebabkan masyarakat Indonesia lebih mudah menerima Agama Islam.
Baca Juga  Peristiwa sehari hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa menguap

9)

Nisan makam Sultan Malik As-Saleh karena sudah kita ketahui Sultan Malik As-Saleh adalah raja pertama kerajaan Samudra Pasai yang berangka tahun 1297 M.

10)

Suluk merupakan salah satu kitab peninggalan bercorak Islam yang berisikan mengenai ilmu tasawuf. Adapun suluk sendiri di Jawa memiliki arti sebagai menempuh jalan untuk menuju jalan Allah.

Detail Soal :

Kelas : X

Mata Pelajaran : Sejarah

Materi : Persiapan Penilaian Tengah Semester (PTS)

Kata Kunci : Zaman berdasarkan geologi; Manusia Praaksara; Hindu-Buddha; Islam

Kode Kategorisasi : 10.3.6

#OptiTimCompetition

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Ciri ciri zaman mesozoikum antara lain Semoga Membantu.