Berikut ini merupakan fungsi dari sistem rangka kecuali

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Berikut ini merupakan fungsi dari sistem rangka kecuali

Berikut ini merupakan fungsi dari sistem rangka,kecuali…

a.alat gerak aktif sehingga tulang dapat bergerak

Karena, alat geark aktif bukan sistem rangka, tapi otot

Pembahasan:

Fungsi dari otot adalah:

1. Fungsi Penopang

Bersama dengan sistem otot, sistem rangka menjadi penopang pada tubuh dan menjaga organ dalam agar berada di tempat yang tepat. Tulang yang kuat dari tulang belakang, panggul dan kaki memungkinkan orang berdiri tegak, menopang berat seluruh tubuh.  

2. Fungsi Penyangga  

Rangka berfungsi menyangga organ-organ dalam. Misalnya, tengkorak memegang otak, rongga dada menampung jantung dan paru-paru, dan rongga perut menyangga organ-organ sistem reproduksi, pencernaan, dan ekskresi.

3. Fungsi Gerak

Tulang kerangka bersatu dengan sistem otot dengan dihubungkan oleh oleh ligamen dan tendon. Sistem otot dan rangka bekerja sama sebagai sistem gerak, yang memungkinkan gerakan tubuh dan keseimbangan tubuh.  

Saat otot berkontraksi, otot menarik tulang kerangka untuk menghasilkan gerakan atau menahan tulang dalam posisi stabil. Karena yang bergerak adalah otot, maka otot disebut alat gerak aktif.

Bentuk tulang dan bagaimana tulang menyatu di sendi memungkinkan berbagai jenis gerakan. Misalnya, tulang kaki melekat di lutut untuk membentuk sendi engsel yang memungkinkan lutut bergerak ke depan dan ke belakang.  

4. Fungsi Pelindung

Kerangka melindungi organ dalam dari kerusakan dengan mengitarinya dengan tulang. Tulang adalah jaringan yang keras dan kuat, namun fleksibel untuk menahan benturan.  

Kekuatan tulang berasal dari kandungan mineral, terutama adalah kalsium dan fosfor. Sementara fleksibilitas tulang berasal dari zat yang disebut kolagen. Kombinasi kekuatan dan fleksibilitas memberi kerangka kemampuan untuk menyerap hantaman atau pukulan.  

Baca Juga  Ciri ciri segitiga siku siku

Contoh tulang pelindung yang melindungi organ adalah tengkorak yang melindungi otak, serta tulang belakang dan tulang rusuk, yang melindungi sumsum tulang belakang jantung dan paru-paru.

5. Fungsi penghasil sel darah

Tulang kita mengandung sumsum tulang, yaitu semacam jaringan spons di dalam tulang.  

Ada dua jenis sumsum utama, merah dan kuning. Sumsum merah bertanggung jawab atas produksi sel darah merah tubuh dan sel darah putih. Sel darah merah diproduksi pada tingkat rata-rata sekitar 200 juta per hari. Sel-sel ini membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Pada orang dewasa, sumsum merah ditemukan terutama di tulang dada, pinggul, tulang rusuk, tengkorak, tulang belakang dan pada ujung tulang belakang lengan dan kaki. Beberapa jenis sel darah putih, yang melindungi tubuh dari infeksi, juga diproduksi di sumsum tulang merah.

Sumsum tulang kuning mengandung sel lemak primer namun bisa berubah menjadi sumsum merah jika tubuh perlu meningkatkan produksi sel darah, seperti jika anemia berkembang

Pelajari lebih lanjut:

Fungsi sistem rangka antara lain melindungi organ internal. Pada tulang manusia tulang yang melindungi jantung dan paru-paru serta otak secara berturut turut adalah …

Kode: 9.4.1  

Kelas: IX  

Mata pelajaran: Biologi  

Materi: Bab 1 – Rangka dan Otot Manusia  

Kata kunci: Fungsi Rangka  

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Berikut ini merupakan fungsi dari sistem rangka kecuali Semoga Membantu.