Kelainan tulang yang menimbulkan keretakan pada tulang akibat kecelakaan disebut

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Kelainan tulang yang menimbulkan keretakan pada tulang akibat kecelakaan disebut

Kelainan tulang yang menimbulkan keretakan pada tulang akibat kecelakaan disebut fisura. Fisura merupakan suatu kondisi dimana tulang mengalami keretakan akibat benturan keras. Ini dapat disebabkan oleh jatuh maupun kecelakaan. Fisura berbeda dengan fraktura (patah tulang).

Penjelasan:

Sistem gerak pada manusia merupakan suatu sistem organ dalam tubuh yang berperan dalam pergerakan tubuh manusia. Terdapat 2 jenis penggerak dalam tubuh manusia, yaitu rangka yang berperan sebagai alat gerak pasif dan otot yang berperan sebagai alat gerak aktif.

Rangka

Rangka merupakan susunan tulang-tulang dalam tubuh. Setiap susunan tulang saling terhubung satu sama lain dengan bantuan sendi. Rangka disebut sebagai alat gerak pasif karena ia hanya dapat bergerak apabila dibantu oleh alat gerak lain, yaitu otot.

Rangka manusia terbagi menjadi 3, yaitu:

1.Rangka kepala (tengkorak), terdiri atas susunan tulang-tulang yang membentuk tengkorak kepala. Contoh, tulang pelipis dan tulang pipi.

2.Rangka badan, terdiri atas susunan tulang-tulang dari leher hingga tulang ekor. Contoh: tulang rusuk dan tulang belakang.

3.Rangka anggota gerak, terdiri atas susunan tulang-tulang yang berfungsi sebagai alat gerak. Rangka anggota gerak terbagi menjadi rangka anggota gerak atas (contoh: tulang hasta dan tulang pengumpil) dan rangka anggota gerak bawah (contoh: tulang paha dan tulang betis).

Otot

Otot merupakan jaringan berbentuk menyerupai daging yang dapat berkontraksi dan berelaksasi sehingga menimbulkan gerak pada manusia.

Otot terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Otot lurik (otot rangka), jenis otot yang melekat pada rangka dan berfungsi untuk menggerakkan tulang.

Baca Juga  Provinsi paling barat di pulau jawa

2.Otot polos, jenis otot yang terdapat pada organ-organ tubuh seperti usus dan pembuluh darah guna membantu pergerakan organ-organ pencernaan.

3.Otot jantung, jenis otot khusus yang terdapat di jantung guna menunjang fungsi jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Semoga membantu.

Pelajari lebih lanjut

Detil Jawaban

Kelas: XI

Mata Pelajaran: Biologi

Bab: Struktur dan fungsi tulang, dan sendi

Kode Kategori: 11.4.4

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Kelainan tulang yang menimbulkan keretakan pada tulang akibat kecelakaan disebut Semoga Membantu.