Zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah

Zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah Neurotransmiter.

Pembahasan :

Neurotransmitter merupakan senyawa kimia yang ada di dalam tubuh yang mana bertugas untuk menyampaikan pesan atau sinyal antara satu sel saraf (neuron) ke sel saraf target. Neurotransmiter dapat menghantarkan rangsang listrik dikarenakan pada suatu kondisi adanya gaya tarik antara listrik.

Sel-sel target Neurotransmiter dapat berada di sistem endokrin tubuh, otak, otot, berbagai kelenjar, dan bagian lain dalam tubuh.

Neurotransmiter ini sendiri mempunyai peran yang sangat penting untuk otak manusia dalam mengatur kinerja berbagai sistem tubuh. Peran penting tersebut antara lain yaitu :

1. Dopamin

Dopamin dapat menyelesaikan proses terkait kesenangan di otak manusia sehingga dapat dikatakan juga sebagai motivasi. Sebagai contoh yaitu makanan yang mana bisa menstimulasi dari proses pelepasan dopamin itu sendiri.

2. Aseltikolin

Aseltikolin yang mana merupakan jenis Neurotransmiter yang berperan dalam proses pembelajaran dan memori pada otak manusia. Dan juga, asetilkolin ini berperan pada sinyal pergerakan otot, serta pengaturan sistem endokrin di dalam tubuh manusia. Jika manusia kekurangan jumlah aseltikolin ini sendiri maka dapat memicu terjadinya kelemahan otot.

3. Adrenalin

Adrenalin yang mana merupakan jenis Neurotransmiter yang berperan dalam membantu otak untuk membuat suatu keputusan cepat dalam menghadapi situasi bahaya. Contohnya ketika seseorang ketakutan maka adrenalin ini sendiri akan mengalami pelepasan.

Pelajari Lebih Lanjut :

  • Apa fungsi Neurotransmitter :
  • Neurotransmitter yang dilepaskan oleh neuron yang mempersarafi sel otot :
  1. Letak reseptor Neurotransmiter :
Baca Juga  Jumlah pemain single tenis meja dalam satu regu adalah

Detail Jawaban :

Mapel : 9 SMP

Kelas : IPA (Biologi)

Kode Kategorisasi : 9.4.1

Bab : 1 – Rangka dan Otot Manusia

Kata Kunci : Neurotransmitter, Sistem Saraf, Rangsang Listrik

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah Semoga Membantu.