Faktor faktor yang mempengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Faktor faktor yang mempengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah

Jawaban dan Penjelasan :

Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah

 Faktor-faktor yang mempengaruhi ketersediaan air tanah yaitu:

1). Curah Hujan

⇒ Curah hujan sangat berpengaruh terhadap ketersediaan air tanah, apabila curah hujan di suatu wilayah tinggi maka makin tinggi pula ketersediaan air tanahnya, sebaliknya apabila curah hujan sedikit maka makin sedikit pula jumlah air tanahnya, hal ini dapat kita lihat perbandingannya dengan melihat ketinggian air sumur saat musim hujan dan kemarau.

2).  Morfologi tempat (kemiringan lahan)

⇒ Daerah yang memiliki tingkat kemiringan yang tinggi akan memiliki sedikit ketersediaan air tanah. Sebab sesuai dengan cara dan prinsip kerja air, bahwa air akan selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah, sehingga daerah yang memiliki tingkat kemiringan yang lebih kecil akan memiliki lebih banyak simpanan air tanah.

3). Vegetasi (Tumbuhan)

⇒ Banyak atau tidaknya tumbuhan di sebuah daerah akan menentukan jumlah ketersediaan air tanah, daerah yang memiliki banyak pohon dan tanaman akan memiliki jumlah air tanah yang banyak, sebab adanya pepohonan akan membuat ketersediaan air tanah lebih lama dibandingkan dengan daerah yang memiliki sedikit vegetasi.

4). Jenis tanah dan batuan

⇒ Air hujan yang turun akan diserap oleh tanah dan kemudian akan mengalir melalui celah-celah batuan di dalam nya, celah-celah batuan tersebut yang membentuk aliran sungai bawah tanah , sehingga terbentuklah air tanah. Celah-celah tersebut berperan penting dalam prose situ sehingga semakin banyak celah bebatuan pada tanah maka akan semakin besar pula air yang akan disimpan pada daerah tersebut.

Baca Juga  Ciri utama dari komik adalah mempunyai sifat

——————————————————————————————————

Pelajari lebih lanjut :

1). Jenis-jenis air tanah

2). Pemanfaatan air tanah

————————————————————————————————————

Mapel          :  Geografi

Bab               :  Litosfer

Kelas            :  X

Kata Kunci  :  Air tanah, Aliran sungai bawah tanah, Sumur

Kode Kategorisasi  :  10.4.8

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Faktor faktor yang mempengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah Semoga Membantu.