Faktor faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Faktor faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang

Faktor-faktor yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang antara lain:

  • Kenaikan jumlah penduduk
  • Alam
  • Peningkatan industri dan kegiatan penduduk
  • Kurangnya daerah resapan air

Pembahasan

Persediaan air di bumi sangatlah banyak dan mencukupi untuk kebutuhan seluruh makhluk hidup. Akan tetapi, pada prosesnya manusia memerlukan air bersih untuk mencukupi beberapa kebutuhannya oleh karena itu persediaan air bersih harus dapat tersedia secara cukup.

Kenaikan jumlah penduduk

Kenaikan jumlah penduduk akan berdampak pada kenaikan kebutuhan air bersih, sehingga dalam hal ini apabila didalam suatu wilayah tidak memiliki tempat pengolahan air yang dapat menyediakan air bersih secara mencukupi tentunya akan membuat daerah tersebut mengalami kekurangan persediaan air bersih

Alam

Faktor alam adalah faktor yang sulit dikendalikan seperti contohnya peristiwa banjir, banjir bandang, hingga longsor yang dapat merusak persediaan air bersih atau sempat menghambat proses pengolahan sehingga menyebabkan persediaan air bersih berkurang apalagi bila kebutuhan didaerah tersebut juga tinggi.

Peningkatan industri dan kegiatan penduduk

Peningkatan industri dan kegiatan penduduk merupakan faktor yang lebih kepada merusak kualitas air yang kemudian berdampak pada berkurangnya persediaan air bersih terlebih bila air tercampur dengan limbah-limbah akan memerlukan pengolahan yang lebih lanjut untuk menyediakan air yang bersih. BIla kondisi ini berlangsung dalam kawasan padat penduduk kebutuhan air bersih dapat menjadi suatu kelangkaan bila tidak didukung dengan pengolahan yang baik.

Kurangnya daerah resapan air

Faktor ini merupakan faktor yang sudah terjadi dan banyak tidak disadari masyarakat dengan adanya bangunan-bangunan, penggunaan aspal jalan, beton yang tidak diimbangi dengan ketersediaan daerah resapan air untuk air masuk kedalam tanah yang digunakan untuk persediaan air bersih.

Baca Juga  Cara memainkan alat musik kolintang adalah

Pelajari lebih lanjut

1. Air yang ada dibumi selalu tetap

2. Pengertian arus hidrologi

3. Manfaat air bersih dalam kehidupan

Detil jawaban

Mata pelajaran: Biologi

Materi: Bab 9 – Pencemaran Lingkungan

Kelas: 7 SMP

Kode kategorisasi:  7.4.9

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Faktor faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang Semoga Membantu.