Fungsi sensor dalam penginderaan jauh adalah untuk

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Fungsi sensor dalam penginderaan jauh adalah untuk

Fungsi dari sensor dalam penginderaan jauh adalah menangkap obyek berupa nentuk muka bumi dan menghasilkan citra penginderaan jauh

Pembahasan:

Sensor digunakan untuk mengambil data yang kemudian disimpan dan dianalisa dalam SIG (Sistem Informasi Geografis). Ada dua jenis sistem sensor, yaitu sensor pasif dan aktif.  

Sensor pasif mendeteksi energi alami (umumnya cahaya) yang dipantulkan atau dipancarkan dari obyek yang diamati.  Misalnya kamera satelit yang menangkap pemantulan energi cahaya matahari oleh permukaan bumi.

Sebaliknya sensor aktif memiliki sumber energi sendiri, yang dipancarkan ke arah obyek yang diindera, kemudian hasil pemantulannya akan ditangkap. Contoh sensor aktif adalah radar, yang menggunakan gelombang radio untuk memetakan lokasi obyek di sekelilingnya.

Keuntungan untuk sensor aktif termasuk kemampuan untuk melakukan penginderaan dan pengukuran kapan saja, terlepas dari waktu, kondisi cuaca atau musim. Sensor aktif dapat digunakan untuk melakukan dengan panjang gelombang yang tidak terdapat dalam cahaya sinarmatahari, seperti gelombang mikro. Sistem penginderaan dengn sensor aktif juga lebih bisa mengontrol cara penangkapan data obyek.  

Namun, sensor memerlukan energi dalam jumlah yang cukup besar untuk mengindera target secara memadai. Kebutuhan energi ini akan membuat penginderaan aktif lebih mahal  

Sementara itu sensor pasif tergantung pada kondisi cahaya, karena pada kondisi gelap pada malam atau mendung sensor ini tidak dapat bekerja dengan baik. Namun sensor pasif lebih hemat dalam penggunaan energinya.  

————————————————————————————-

Detail Jawaban      

Kode: 12.8.3  

Kelas: XII

Mata Pelajaran: IPS/Geografi    

Materi: Bab 3 – Pemanfaatan Peta, Pengindraan Jauh dan SIG

Baca Juga  Wedang uwuh berasal dari jawa terutama dari daerah

Kata Kunci: Sensor Pasif dan Aktif

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Fungsi sensor dalam penginderaan jauh adalah untuk Semoga Membantu.