Salamander berkembang biak dengan cara

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Salamander berkembang biak dengan cara

Cara perkembang biakan salamander adalah dengan pembuahan (fertilisasi) internal di mana salamander jantan mengeluarkan sel sperma damal kantung spermatofor, lalu salamander betina mengambil spermatofor dan memasukkannya ke dalam tubuhnya agar terjadi pembuahan sel sperma dan sle telur.

Salamander kemudian akan mengeluarkan telur yang dibuahi, yang kemudian menetas menjadi salamander anakan.

Pembahasan:

Salamander merupakan amfibi dari kelompok Urodela, dengan ciri berupa bentuk dewasanya yang mirip kadal, dengan 4 kaki berukuran sama dan ekor yang panjang. Sehingga secara sepintas kelompok ini lebih mirip reptilia daripada kelompok Amfibi.

Amfibi (Amphibia) adalah kelompok makhluk hidup bertulang belakang (Chordata), yang memiliki ciri berupa adanya metamorfosis, kulit yang lembab dan permeable, berdarah dingin, dan umumnya hidup di tempat yang lembab dan berair.

Sekitar 90 persen dari semua spesies salamander bereproduksi melalui pembuahan internal. Di sini, salamander jantan akan menyimpan sel sperma dalam bentuk spermatofor dan mengeluarkannya di tanah, batu atau perairan. Spermatofor adalah bundel sperma, terdiri dari 80-100 sperma tergantung pada musim.  

Kemudian salamander jantan akan mengarahkan betina salamander ke tempat tersebut. Salamander betina akan mengambil spermatofor menggunakan bibir kloaka dan memasukkannya ke dalam tubuhnya, di mana sel sperma akan membuahi sel telur dari salamander betina.  

Setelah pembuahan, salamander betina akan menuju ke tmepat basah seperti kolam dan genangan air. Di sana, salamander betina akan bertelur yang akan dijaga agar telurnya tetap lembab. Telur ini kemudian menetas mejadi larva salamander, yang kemudian setelah berkembang akanmengalami metamorfosis menjadi salamander dewasa.

Namun ada juga jenis salamander betina, seperti salamander api Eropa, yang mempertahankan telur di dalam tubuhnya sampai telur mencapai tahap larva dan melahirkan larva.

Baca Juga  Lari jarak menengah merupakan salah satu cabang atletik nomor

Pelajari Lebih Lanjut  

1. Rana signata dan Bufo sp. merupakan Amphibia yang digolongkan dalam ordo Anura karena…

2. Jelaskan perbedaan ciri dan karakteristik kedua hewan pada gambar salamender cacing (Ichthyophis beddomei) dan salamender pualam (Ambystoma opacum)!

Detail Jawaban  

Kode: 6.4.2

Kelas: VI

Mata pelajaran: Biologi  

Materi: Perkembangan Makhluk Hidup

Kata kunci: Amfibi, Salamander

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Salamander berkembang biak dengan cara Semoga Membantu.