Nimfa adalah tahap perkembangan serangga tanpa melalui tahapan sebagai

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Nimfa adalah tahap perkembangan serangga tanpa melalui tahapan sebagai

Nimfa adalah tahap perkembangan serangga tanpa melalui tahapan sebagai larva. Tahapan larva akan menentukan apakah makhluk hidup tergolong ke dalam metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Saat telur yang menetas menjadi larva maka serangga tersebut termasuk ke dalam jenis serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Apabila, jika telur yang menetas menjadi nimfa maka serangga tersebut akan mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Pembahasan

Metamorfosis merupakan tahapan perkembangan hewan yang melibatkan perubahan fisik/bentuk tubuh mulai dari fase telur, menetas, dan sampai menjadi individu dewasa. Perubahan bentuk yang terjadi terdiri dari perubahan anatomi, morfologi, maupun fisiologis.

Metamorfosis terdiri dari 4 fase meliputi:  

1. Telur

Fase paling awal dari proses terbentuknya individu baru. Telur dihasilkan oleh induk betina yang kemudian dibuahi oleh induk jantan sehingga akan terbentuk individu baru. Selanjutnya, telur yang berhasil menetas akan menjadi lava atau nimfa.

2. Larva

  • Larva biasanya terdapat pada hewan beberapa jenis serangga dan amfibi. Tahapan ini bisa dijadikan tanda apakah jenis hewan, khususnya pada serangga, termasuk ke dalam metamorfosis sempurna atau metamorfosis tidak sempurna.  Bentuk larva sangat berbeda dengan bentuk pada fase dewasanya.
  • Contoh: jentik-jentik yang merupakan larva daru nyamuk. Pada fase dewasa, larva yang berupa jentik-jentik tersebut akan tumbuh menjadi imago atau nyamuk dewasa dimana bentuk tubuh yang sangat berbeda dengan fase larva. Kemudian, larva akan memasuki fase berikutnya yaitu tahap pupa atau kepompong.

3. Nimfa

  • Nimfa merupakan hewan muda yang mempunyai bentuk tubuh yang sama seperti betuk tubuh pada fase dewasa atau imago. Yang membedakannya adalah ukuran tubuh pada fase nimfa lebih kecil dari ukuran pada fase dewasa.
  • Pada masa nimfa ada beberapa bagian organ hewan ada yang belum tumbuh. Bentuk tubuh hewan yang melalui fase nimfa hanya terjadi pada jenis hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.
Baca Juga  Mengapa matahari disebut sebagai bintang

4. Pupa/Kepompong

  • Fase pupa atau kepompong merupakan fase transisi, di mana serangga dalam fase pupa berada dalam keadaan tidak makan dalam waktu yang cukup lama.
  • Fase pupa terjadi hanya pada jenis serangga yang mengalami metamorfosis sempurna (holometabola). Setelah melewati fase pupa atau kepompong, hewan akan menjadi imago atau individu dewasa.

5. Imago/Dewasa

  • Imago merupakan penamaan untuk individu dewasa, baik yang berproses dari nimfa atau pupa/kepompong. Fase ini adalah tahap paling akhir dari fase dalam metamorfosis.
  • Individu pada fase imago dapat menghasilkan telur. Telur tersebut kemudian akan menetas dan kembali mengalami tahap metamorfosis seperti induknya.

Detil jawaban

Kelas: 1 SMP

Mapel: Biologi

Bab: Ciri-ciri Makhluk Hidup

Kode: 7.4.2

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Nimfa adalah tahap perkembangan serangga tanpa melalui tahapan sebagai Semoga Membantu.