berikut ini yang tidak termasuk rekayasa reproduksi adalah

Berikut ini yang tidak termasuk rekayasa reproduksi adalah ….

A. hibridisasi
B. inseminasi buatan
C. hidroponik
D. kultur jaringan

jawaban

Jawaban untuk soal ini adalah C.

Rekayasa reproduksi adalah suatu usaha manusia untuk mengembangbiakan makhluk hidup dengan cara merekayasa tahapan-tahapan proses reproduksi yang berlangsung secara alami. Rekayasa reproduksi tidak hanya dilakukan pada tumbuhan dan hewan, tetapi manusia juga bisa dijadikan objek dalam teknologi. Terdapat berbagai macam teknik rekayasa reproduksi, baik pada hewan maupun pada tumbuhan, diantaranya yaitu:

– Inseminasi buatan, adalah proses memasukkan sperma hewan jantan ke dalam tubuh hewan betina yang dilakukan dengan bantuan alat tertentu (alat suntik).
– Kloning, adalah proses perbanyakan organisme secara vegetatif dengan menggunakan sel somatik makhluk hidup multiseluler untuk membuat satu atau lebih individu dengan materi genetik yang sama atau identik.
– Kultur jaringan, adalah proses perbanyakan tumbuhan dengan memanfaatkan sifat totipotensi pada tumbuhan.
– Hibridisasi atau penyilangan, adalah persilangan antara varietas dalam spesies yang sama yang memiliki sifat unggul.

Sementara itu, hidroponik adalah teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Tanaman yang ditanam biasanya berupa jenis sayuran dan buah. Media tanam yang digunakan berupa rockwool, sekam bakar, hidroton, atau pasir dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Semoga membantu!

Baca Juga  pencemaran udara dapat mengakibatkan seseorang pingsan hal ini terjadi karena