Negara asean yang berbentuk kerajaan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Negara asean yang berbentuk kerajaan

Jawaban:

Negara-negara anggota ASEAN yang berbentuk kerajaan adalah:

1. Thailand

2. Kamboja

3. Malaysia

4. Brunei

Pembahasan:

Negara-negara ASEAN memiliki bentuk pemerintahan yang beragam, ada yang berbentuk kerajaan dan ada yang berbentuk kerajaan.

1. Thailand

Thailand adalah negara yang beribukota di Bangkok, yang terletak di wilayah daratan Asia Tenggara. Thailand terletak di wilayah aliran sungai Chao Phraya dan sungai Mekong.

Negara berpenduduk 69 juta jiwa ini berbentuk kerajaan konstitusional, dengan raja sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.  

Raja Thailand saat ini adalah Raja Maha Vajiralongkorn, yang bergelar Rama X, dan memerintah sejak tahun 2016. Dia memerintah menggantikan ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej atau Rama IX, yan memerintah sejak tahun 1946.

Raja-raja Thailand berasal dari dinasti Chakri, yang memerintah sejak tahun 1782. Semua raja dari dinasti ini memiliki gelar tahta “Rama”, dimulai dari raja keenam, Vajiravudh mengadopsi gelar Rama VI, dan memberi elar semua pendahulunya, mulai dari raja pertama Buddha Yodfa Chulaloke, yang bergelar Rama I.

2. Kamboja

Kamboja adalah negara kecil yang terletak di timur Thailand, dengan penduduk sebanyak 15 juta jiwa. Negara ini sempat diperintah oleh pemerintahan komunis Khmer Merah dalam masa Perang Dingin, namun setelah Khmer Merah dikalahkan, Kamboja kembali menjadi kerajaan.

Raja Kamboja saat ini adalah Norodom Sihamoni, yang bertahta sejak tahun 2004. Berbeda dengan kerajaan lain yang elar rajanya diwariskan dari ayah ke anak, raja di Kamboja dipilih oleh para tokoh, di antara pada anggota keluarga kerajaan.

3. Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga yang terletak di utara Indonesia. Negara dengan penduduk 32 juta jiwa ini berbentuk federal, dengan 13 negara-negara bagian penyusun. Diantara negara baigan ini, 9 diantaranya adalah negara bagian berbentuk kerajaan yaitu: Perak, Perlis, Kedah, Trengganu, Kelantan, Pahang, Selangor, Negeri Sembilan dan Johor.

Baca Juga  Kewajiban siswa terhadap pancasila sebagai dasar negara adalah

Raja Malaysia bergelar Yang Dipertuan Agung. Berbeda dengan negara lain, yang rajanya bertahta seumur hidup, di Malaysia, Yang Dipertuan Agung dipilih untuk masa jabatan 5 tahun, dari 9 sultan dan raja yang memimpin negara bagian di Malaysia. Bila Yang Dipertuan Agung emninggal dalam masa jabatanya, maka akan diadakan pemilihan ulang.

Pada tahun 2018, Yang Dipertuan Agung dijabat oleh Sultan Muhammad V dari Kelantan, yang merupakan Yang Dipertuan Agung Malaysia ke-15.

Yang Dipertuan Agung hanya menjabat sebagai kepala negara, sementara pemerintahan dipeang oleh Perdana Menteri Malaysia, yang dipilih dari partai pemenang pemilihan umum.

4. Brunei

Brunei adalah negara kecil yang terletak di pesisir utara Pulau Kalimantan, dengan penduduk hanya 400 ribu orang.

Brunei adalah kerajaan yang bersifat monarki absolut, dimana sultan Brunei menjadi kepala negara dan pemerintahan sekaligun, dan tidak dibatasi oleh undang-undang.  

Sultan Brunei saat ini adalah Sultan Hasanal Bolkiah, yang bertahta sejak tahun 1967.

Kode: 6.10.2

Kelas: VI

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 2 – Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial di Negara-Negara Tetangga

Kata kunci: Kerajaan di ASEAN

 

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Negara asean yang berbentuk kerajaan Semoga Membantu.