Bagaimana keterlibatan bangsa indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagaimana keterlibatan bangsa indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia

Bentuk partisipasi Indonesia dalam membangun perdamaian dunia yaitu :

•Indonesia menjalankan politik damai yaitu  menjalin persahabatan dengan berbagai negara atas dasar saling percaya dan menghargai dengan tidak turut mencampuri urusan dalam negeri negara lain.  

•Indonesia membagun poros politik luar negeri dnegan prinsip bebas aktif, dimana Indonesia hanya membangun hubungan solidaritas antar negara yang sedang berkembang, turut mendukung gerakan konfrontasi melawan penjajahan bangsa lain,  dan mengembangkan kemandirian bangsa lain.  

•Membangun hubungan kerjasama secara internasional guna meningkatkan kesejahterana bangsa Indonesia  

•Memperkokoh bagian-bagian dari hukum internasional dan organisasi internasional lainnya agar semakin mewujudkan perdamian dunia yang abadi  

•Memperkuat jalinan kerjasama dari segala sektor baik antar negara-negara tengga, negara kawasan ASEAN maupun kawasan lainnya di dunia guna semakin mensejahterakan dan meningkatkan stabilitas internasional  

•Semakin meningkatkan kesiapan Indonesia dalam menghadapi perdagangan bebas dunia dari berbagai sektor  

•Meningkatkan kualitas SDM agar mampu bersain dalam melakukan hubungan diplomatis yang proaktif dengan negara lain dari beragam sektor  

•Semakin memperkuat hubungan diplomatis baik secara regional, hingga internasional agar meningkatkan stabilitas dan pembangunan antar negara.  

Penjelasan:

Sebagaimana yang tertaung dalam pembukaan UUD 1945 alenia keempat, Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan perdamaian dunia. Upaya menjaga perdamaian diwujudkan Indonesia dengan menjalin hubungan diplomatik Indonesia baik dengan negara- negara tetangga, negara kawasan ASEAN maupun antar negara-negara lainya di dunia.  

Dalam menciptakan perdamian dunia yang adil, sejahtera dan abadi bagi seluruh negara didunia. Indonesia menggunakan prinsip politik luar negara yang bebas dan aktif. Yang mana dimaksudkan yaitu bebas dalam mengambil sikap dan pandangan bagi masalah internasional dan bebas akan aliansi kekuasaan dunia dan aktif dalam kegiatan memperjuangkan perdamian dunia.  

Baca Juga  Ibu nabi isa alaihissalam bernama

Contoh keterlibatan Indonesia dalam perdamaian dunia adalah  

•Indonesia secara aktif mengirim pasukan perdamaian dumia yaitu kontingen garuda ke negara-negara konflik seperti negera timur tengah, Kongo, Kamboja, Yugoslavia, dll.

•Indonesia mempelopori gerakan nonBlok yang tidak memihak pada negara-negara dengan kekuasaan besar didunia dengan mengadakan konferensi negara asia afrika pada tahun 1955 di kota Bandung.  

•Indonesia turut aktif dalam membantu perdamaian konflik di Kamboja pada tahun 1988 dengan mengadakan Jakarta Informal Meeting ( JIM I ) di Jakarta  

Pelajari lebih lanjut  

Detail Jawaban :

Kelas: XII (12) SMA

Mapel: PPKN

Beb: 5. Peran Indonesia dalam hubungan internasional  

Kode: 12.9.5  

#Ayobelajar  

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Bagaimana keterlibatan bangsa indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia Semoga Membantu.