Naskah reportase tentang gerak revolusi bumi dan dampaknya

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Naskah reportase tentang gerak revolusi bumi dan dampaknya

Contoh naskah reportase tentang gerak revolusi bumi.

Ya terimakasi Tri Anaomi. Pemirsa berjumpa lagi dengan saya Alyaa Tanjung. Saya disini akan menyampaikan berita tentang “Fenomena Alam Hari Tanpa Bayangan”.

Pemirsa saat ini saya sedang berada tepat di Pontianak. Disini terjadi fenomena alam dima hari tanpa adanya bayangan. Dikabarkan kejadian terjadi pada hari ini tanggal 20 Maret 2018, pada pukul 23.15 WIB.

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari BMKG, bahwa fenomena ini terjadi karena bidang ekuator bumi/ bidang rotasi tidak tepat berimpit dengan bidang revolusi bumi, sehingga posisi matahari dari bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun. Hal ini disebut gerak semu harian matahari.

Sekian laporan yang saya sampaikan Alyaa Tanjung dan juru kamera Rizki, melaporkan langsung dari Pontianak. Kembali ke studio.

Pembahasan

  • Reportase atau pemberitaan adalah laporan lengkap yang telah disajikan sebagaimana diaangap penting oleh redaksi pemberitaan atau berupa pemberitaan penyelidikan yang merupakan pengkajian fakta-fakta lengkap dengan latar belakang, kecenderungan, yang mungkin terjadi pada masa mendatang.
  • Ternik reportase ada tiga, yaitu :
  1. Observasi, yaitu wartawan langsung datang ke lokasi kejadian, mengamati dan mengumpulkan data atau fakta kejadian.
  2. Wawancara, yaitu proses reportase dengan cara bertanya kepada narasumber untuk menggali informasi atau keterangan.
  3. Riset data/studi literatur, yaitu wartawan membuka arsip, buku atau referensi terkait dengan berita yang akan ditulisnya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian reportase : brainly.co.id/tugas/546436
  2. Materi tentang langkah menulis berita : brainly.co.id/tugas/2110980

Detil Jawaban

Kelas : XII (SMA)

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Mengolah Infromasi

Kode : 12.1.7

Baca Juga  Yang tidak termasuk ciri-ciri poster yaitu

Kata Kunci : Reportase

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Naskah reportase tentang gerak revolusi bumi dan dampaknya Semoga Membantu.