Letak kutub utara magnet bumi adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Letak kutub utara magnet bumi adalah

Kutub utara magnet bumi berada di sisi selatan bumi. Kutub utara bumi menurut geografis dengan magnet berbeda dari segi makna. Meskipun letak kutub utara magnet bumi berada di selatan, kutub ini tidak berada lurus namun memiliki kemiringan sepuluh derajat dan bisa berubah seiring berjalannya waktu terutama, dari hasil penelitian terhadap bebatuan purba ditemukan fakta bahwa kutub bumi dapat berbalik posisinya setiap ratusan ribu tahun dan hal ini berpengaruh terhadap pergeseran lempeng di bumi.

Pembahasan

Letak kutub magnet di bumi tidak lepas dari peristiwa yang  berhubungan dengan medan magnet. Medan magnet ini sendiri memiliki peran penting di bumi seperti penggunaan kompas. Sejak ditemukan, kompas masih akurat hingga saat ini walau kutub magnet sempat mengalami pergeseran. Selain itu, medan magnet bumi juga memiliki peran dalam melindungi permukaan bumi dari pengaruh angin matahari. Keberadaan medan magnet juga bermanfaat bagi hewan karena memengaruhi insting mereka.

Selain itu, kutub utara di bumi memiliki dua definisi berbeda. Jika dilihat menurut geografis, kutub utara berada di sekitar samudera artik dan kutub selatan berada di kutub selatan. Namun, dari sisi magnetis, kutub utara magnet berada di kutub selatan dan kutub selatan magnet berada di sekitaran samudera artik.

Pelajari lebih lanjut

1. Pengertian medan magnet

2. Rotasi dan revolusi bumi

Detil Jawaban

Mata Pelajaran: Fisika

Materi: Bab 3 – Medan Magnet

Kelas: 12 SMA

Kode Kategorisasi: 12.6.3

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Letak kutub utara magnet bumi adalah Semoga Membantu.