Pemberontakan apra terjadi pada masa

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pemberontakan apra terjadi pada masa

\n

Jawaban:

A. Awal kemerdekaan

Pembahasan

Penyimpangan terhadap nila nilai pancasila pada awal kemerdekaan

a. pemberontakan Partai Komunis Indonesia( PKI) di Madiun pada tanggal 18 September 1948 yang dipimpin oleh Muso tujuan utamanya adalah mendirikan Negara Soviet Indonesia yang berideologi komunis.

b. pemberontakan Darul Islam atau tentara Islam Indonesia dipimpin oleh sekarmaji Marijan Kartosuwiryo pada 7 Agustus 1949 tujuan utama didirikannya NII adalah untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan syariat Islam.

c. pemberontakan Republik Maluku Selatan( RMS )pada 25 April 1950 yang merupakan sebuah gerakan separatisme dipimpin oleh Christian Robert Steven soumokil bertujuan untuk membentuk negara sendiri.

d.APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) tanggal 15 Januari 1949 merupakan milisi yang didirikan oleh Kapten Raymond Westerling yang berusaha mempertahankan negara federasi yang dibentuk Belanda untuk melawan Negara Kesatuan Republik Indonesia .

e. pemerintahan revolusioner Republik Indonesia (PRRI )atau perjuangan rakyat semesta( Permesta )tahun 1957-1958 di Sumatera dan Sulawesi yang merupakan bentuk koreksi untuk pemerintahan pusat pada waktu itu yang dipimpin oleh Presiden Soekarno Soekarno pada saat itu sudah tidak bisa lagi diberikan nasihat dalam menjalankan pemerintahan sehingga terjadi ketimpangan sosial

f. Perubahan bentuk negara dari republik Indonesia serikat menjadi negara kesatuan Republik Indonesia sedangkan konstitusi yang berlaku adalah undang-undang dasar sementara 1950

#SemogaMembantu

\n

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Pemberontakan apra terjadi pada masa Semoga Membantu.

Baca Juga  Jenis kain yang digunakan untuk membatik adalah kain