Contoh budaya non benda dan penjelasannya

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Contoh budaya non benda dan penjelasannya

Penjelasan:

Ada beragam jenis-jenis budaya non benda. Budaya non benda sendiri adalah kebudayaan yang menghasilkan produk tidak dalam bentuk benda (non-benda) sebab sifatnya abstrak (non-materil), tidak memiliki wujud nyata yang bisa diraba, dilihat, dihirup dan sebagainya melainkan hanya bisa dirasakan.

» Pembahasan

Berikut ini adalah beberapa jenis budaya non benda:

Tarian

Musik

Kisah Legenda diwariskan turun temurun

Puisi, sajak, pantun

Tradisi atau adat istiadat

Kepercayaan

Dan lain sebagainya.

Seperti disebutkan di atas, ada beragam jenis-jenis budaya non benda. Salah satu jenisnya adalah BUDAYA TARI. Semua seni tari adalah produk dari budaya non-benda sebab tidak berwujud sebagai benda yang bisa diindra namun keindahannya bisa dinikmati.

Contoh lain kebudayaan non benda adalah MUSIK. Sama seperti seni tari, meski dikemas dalam kaset, CD, DVD dan sebagainya namun musik tidak memiliki wujud nyata sebab sifatnya abstrak. Meski begitu, musik bisa didengar dan dirasakan keindahannya.

Selain musik dan tari, contoh kebudayaan non benda lainnya adalah TRADISI. Tradisi ini adalah kebiasaan yang diwariskan turun temurun. Contoh tradisi adalah karapan sapi di wilayah Madura, tradisi Fahombo dari nias dan masih banyak lagi lainnya.

*semoga membantu*

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Contoh budaya non benda dan penjelasannya Semoga Membantu.

Baca Juga  Sebutkan 6 tahapan proses pengolahan sederhana bahan limbah keras