Benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut

Benda yang dapat ditarik magnet disebut benda magnetik dan tidak dapat ditarik magnet dengan benda non-magnetik. Benda magnetik dikelompokkan dalam dua jenis yaitu ferromagnetik (benda yang ditarik secara kuat oleh magnet) dan paramagnetik (benda yang ditarik secara lemah oleh magnet). Sedangkan benda yang tidak ditarik oleh magnet disebut diamagnetik.

Penjelasan:

Benda magnet adalah benda yang dapat memperlihatkan fenomena-fenomena kemagnetan seperti adanya tarik menarik dan tolak menolak. Kemagnetan benda berasal dari momen magnet atom-atom penyusunnya. Benda yang tersusun atas atom-atom yang memiliki momen magnet permanen akan menjadi benda magnetik, sedangkan benda yang tersusun atas atom-atom yang memiliki momen magnet yang tidak permanen akan menjadi benda non magnet (diamagnetik).

Benda magnet terdiri dari dua kelompok yaitu ferromagnetik (benda yang ditarik magnet dengan kuat) dan paramagnetik (benda yang ditarik dengan lemah oleh magnet). Keduanya sama-sama tersusun atas atom-atom dengan momen magnet permanen. Perbedannya terletak pada orientasi momen magnetnya. Atom-atom penyusun benda ferromagnet memiliki arah momen magnet yang teratur (searah) sedangkan atom-atom penyusun benda paramagnet memiliki momen magnet yang arahnya acak. Itulah sebabnya ferromagnet berinteraksi lebih kuat dengan magnet.

Pelajari lebih lanjut:

Detail Jawaban
:

Kelas : 9

Mapel : Fisika

Bab : Kemagnetan

Kode : 9.6.5.

Kata kunci: benda magnet, benda non magnet

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut Semoga Membantu.

Baca Juga  Hasil pengamatan berupa hubungan gaya dan gerak sesuai peristiwa