Jelaskan macam macam fungsi dari kerajinan bahan lunak

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan macam macam fungsi dari kerajinan bahan lunak

Jawaban:

1. Karya Kerajinan sebagai Benda Pakai

Karya kerajinan sebagai benda pakai meliputi segala bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat, wadah, atau dikenakan sebagai pelengkap busana.Sebagai benda pakai, produk karya kerajinan yang diciptakan mengutamakan fungsinya, adapun unsur keindahannya hanyalah sebagai pendukung. Contoh karya kerajinan sebagai benda pakai antara lain adalah sandal, tikar, topi, dompet, dan sebagainya.

2. Karya Kerajinan sebagai Benda Hias

Karya kerajinan sebagai benda hias meliputi segala bentuk kerajinan yang dibuat dengan tujuan untuk dipajang atau digunakan sebagai hiasan atau elemen estetis. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan. Contoh karya kerajinan sebagai benda hias adalah vas bunga, korden, hiasan dinding dan lain-lain.

Selain itu ketrampilan dalam pembuatan produk kerajinan dari bahan lunak itu juga bermanfaat bagi masyarakat ataupun siswa disekolahan. Berikut ini adalah fungsi-fungsinya:

1. Fungsi ketrampilan kerajinan bagi masyarakat

Untuk memenuhi kebutuhan spiritual manusia, yaitu untuk rekreasi, kesenangan, kedamaian, mengisi waktu luang, dan bermain. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa kekeluargaan, misalnya dalam bentuk pemberian cindera mata. Fungsi semacam ini dapat dikatakan sebagai fungsi terapi, fungsi spiritual, dan fungsi sosial.

2. Fungsi keterampilan kerajinan dipelajari di sekolah

Proses pembelajaran keterampilan kerajinan, dapat membentuk watak produktif, suka bekerja keras, kreatif, tekun, dan menghargai karya dan budaya sendiri

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan macam macam fungsi dari kerajinan bahan lunak Semoga Membantu.

Baca Juga  Aneka produk kerajinan dari bahan keras yaitu