Apa yang dimaksud tokoh utama

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Apa yang dimaksud tokoh utama

Tokoh utama adalah tokoh yang ditonjolkan dalam cerita. Tokoh utama merupakan salah satu dari unsur instrinsik yang terdapat pada sebuah cerita narasi. Tokoh utama biasanya memiliki watak yang baik atau disebut juga dengan protagonis.

Pembahasan

Tokoh utama dalam suatu cerita biasanya disebutkan berulang-ulang dalam cerita dan menghadapi konflik atau permasalahan.

Di dalam suatu cerita, selain tokoh utama, terdapat pula tokoh pendukung atau tokoh pembantu. Tokoh pembantu pada suatu cerita sering digambarkan memiliki sifat yang buruk (antagonis) atau sifat yang netral (tritagonis).

Contoh pada cerita Bawang Merah dan Bawang Putih.

Tokoh utama pada cerita ini adalah Bawang Putih. Tokoh pembantunya adalah Bawang Merah dan ibu tiri. Sedangkan tokoh pembantu yang memiliki sifat netral adalah Pangeran.

Tetapi, tidak selalu tokoh utama memiliki sifat yang baik. Contoh pada cerita Malin Kundang. Tokoh utama pada cerita ini adalah Malin Kundang yang memiliki sifat yang buruk. Sedangkan tokoh pembantunya adalah ibu Malin Kundang yang memiliki sifat yang sabar. Tokoh pembantu lainnya adalah pemilik kapal dan istri Malin Kundang.

Pelajari lebih lanjut

—————————————

Detil jawaban

Kelas: –

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Unsur Instrinsik

Kode: –

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Apa yang dimaksud tokoh utama Semoga Membantu.

Baca Juga  Toleransi berasal dari bahasa latin yaitu