Siapakah tokoh utama dalam cerita kendi emas dan ular

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Siapakah tokoh utama dalam cerita kendi emas dan ular

Berdasarkan cerita Kendi Emas dan Ular maka

  1. Tokoh utama dalam cerita kendi emas dan ular adalah petani  
  2. Tokoh pembentu tambahan dalam cerita kendi emas dan ular adalah istri petani dan istri tetangga petani
  3. Tokoh antagonis cerita kendi emas dan ular adalah tetangga petani  
  4. Tokoh pada jawaban nomor 3 disebut tokoh antagonis karena mereka berniat mencelaki petani dengan meletakkan kendi berisi ular berbisa didepan pintu rumah petani
  5. Sikap yang tercermin dari cerita kendi emas dan ular adalah jujur, rendah hati, serta taat beribadah.

Pembahasan

Cerita kendi emas dan ular merupakan cerita fiksi yaitu sebuah cerita yang sebagaian atau seluruh isinya diciptakan menggunakan daya imajinasi sang penulis. Sebagai rujukan, berikut kakak sajikan teks berdasarkan soal.

KENDI EMAS DAN ULAR

Alkisah hiduplah sepasang suami istri yang sangat sederhana. Keduanya sangat merindukan anak, tetapi Tuhan mentakdirkan mereka tidak memiliki anak. Secara ekonomi, kedua petani sederhana itu jauh dari layak, sangat miskin sekali. Namun, semangat untuk bekerja mereka luar biasa. “Ya Tuhan, turunkanlah kepada kami rezeki dari langit. Kami ingin hidup layak” pinta Pak Petani dengan nada berharap.  

Setelah berdoa dirumah, ia pun bergegas ke ladang. Walau ladang orang lain, ia tetap bekerja sepenuh hati demi bertahan hidup. Sang istri kadang ke sawah membantu, dan kadang di rumah. “Apa itu, kok ada benda jatuh dari langit?” Pak Petani kaget karena melihat sebuah benda jatuh ke sawah, tak jauh dari posisinya mencangkul. Karena penasaran, ia melihat sekeliling dan memastikan bahwa itu bukan perbuatan orang lain.

Baca Juga  Apa keunggulan benda yang terbuat dari kayu

“Benda apa ya? kok aneh, tidak ada angin tidak ada hujan, tiba-tiba ada benda jatuh”. Ia pun memeriksa benda itu yang ternyata jauh diantara padi di sawah. Ternyata benda itu sebuah kendi. kendi itu tidak pecah karena jatuh kelumpur sawah. Pak Petani berusaha memeriksa isi kendi.  

“Ya Tuhan! Ternyata didalamnya ada logam emas!!!” pekik petani itu kaget bukan kepalang. Ia mengintip dari lubang kendi dan memang benar ada beberapa keping emas murni. harti nuraninya bertempur, antara diambil atau dibiarkan saja. “Ini kan ladang majikanku, apapun yang ada diladang ini miliknya, aku tak akan mencuri sesuatu yang bukan hakku” ujar Petani itu sambil memegang kendi tanah liat yang berisi koin emas murni. Pak Petani berhati baik. Ia tidak mengambil kendi berisi kon emas itu. pak petani lalu membiarkan kendi pada posisi semula, di pojok sawah. Ia pun melanjutkan pekerjaannya, bercocok tanam di sawah itu.

…….

Materi lebih lanjut

————————————–

Detil Jawaban  

Kelas: 8

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: 1. Sastra

Kode: 8.1.1

#JadiRangkingSatu

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Siapakah tokoh utama dalam cerita kendi emas dan ular Semoga Membantu.