Siapakah tokoh yang berperan antagonis dalam cerita cindelaras

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Siapakah tokoh yang berperan antagonis dalam cerita cindelaras

Jawaban:

Tokoh yang berperan antagonis dalam cerita Cindelaras adalah selir baginda raja Raden Putra yang memiliki sifat iri dan dengki. Selir tersebut berkeinginan untuk menjadi permaisuri raja.

Penjelasan:

Cindelaras adalah cerita rakyat yang berasal dari Jawa Timur, menceritakan kisah putra Raja Jenggala dengan Sang Permaisuri. Ibu Cindelaras, Sang Permaisuri mendapat fitnah dari selir Raja hingga akhirnya diasingkan ke hutan oleh Raden Putra saat sedang mengandung Cindelaras. Cindelaras sendiri dilahirkan di hutan. Namun akhirnya Cindelaras mampu membuktikan pada Raja Jenggala bahwa ibunya tidak bersalah.

Nilai kepahawanan dari cerita Cindelaras:

  • Tidak mudah menyerah dan berputus asa
  • Selalu memperjuangkan kebenaran

Dalam sebuah karya tulis seperti Novel, cerpen, dongeng akan ada objek yang dibahas dalam cerita tersebut dan juga akan ada seseorang yang terjun dalam cerita itu untuk menyampaikan isi dan maksud cerita tersebut, dalam sebuah cerita ada beberapa jenis nama tokoh yang berperan didalamnya

Penokohan

Penokohan adalah salah satu unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra di samping tema, sudut pandang, amanat alur, dan latar/setting. Penokohan ialah cara pengarang dalam menggambarkan karakter tokoh-tokoh yang ada dalam cerita.

Tokoh

Tokoh adalah orang/pelaku yang berperan dalam cerita.Macam-Macam Penokohan Dilihat dari peranannya didalam sebuah cerita, tokoh dibagi menjadi tiga jenis. Jenis-jenis tokoh tersebut yaitu :

Tokoh Protagonis adalah tokoh yang mendukung cerita. Biasanya ada satu atau dua figur tokoh protagonis utama dan dibantu tokoh lain yang terlibat dalam cerita. Tokoh Protagonis biasanya berwatak baik, dan menjadi idola pembaca/pendengar.

Baca Juga  Mengapa presiden soekarno mengeluarkan dekrit presiden 5 juli 1959

Tokoh antagonis adalah tokoh yang menjadi penentang cerita. Biasanya ada satu,dua atau lebih figur tokoh yang menentang cerita. Tokoh jenis ini sudah pasti berwatak jahat dan dibenci oleh pembaca dan pendengar.

Tokoh tritagonis adalah tokoh pembantu/penengah dalam cerita baik untuk tokoh protagonis dan antagonis.Jenis Penggambaran Tokoh Untuk penggambaran sifat atau karakter seorang tokoh pengarang biasanya menggunakan dua teknik. Dua teknik tersebut yaitu :

  1. Teknik analitik, adalah karakter/sifat tokoh dalam cerita yang diceritakan secara langsung oleh pengarang
  2. Teknik dramatik,adalah karakter/sifat tokoh yang dikemukakan lewat penggambaran tertentu, misalnya fisik dan perilaku tokoh, lingkungan kehidupan, dialek bahasa, jalan pikiran, dan lewat gambaran tokoh lain.

Tokoh Figuran adalah tokoh sampingan dalam suatu cerita yang perannya tidak terlalu mencolok.

Pelajari lebih lanjut

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 10

Mapel: Sejarah

Bab: Bab 2 – Konsep Perubahan dan Berkelanjutan

Kode: 10.3.2

Kata Kunci: cerita rakyat, cindelaras, raja, kerajaan, antagonis

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Siapakah tokoh yang berperan antagonis dalam cerita cindelaras Semoga Membantu.