Visi utama pemerintahan orde baru adalah

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Visi utama pemerintahan orde baru adalah

Visi utama pemerintahan pada masa Orde Baru adalah untuk melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

PEMBAHASAN

Setelah berakhirnya orde baru yang dipimpin Soekarno dengan dikeluarkannya SUPERSEMAR, pada tahun  1966-1968 merupakan era baru dalam pemerintahan. Era ini dikenal dengan nama Masa Orde Baru yang dipimpn oleh Jenderal Soeharto. Pada masa itu, rakyat Indonesia berharap sepenuhnya dilihat dari keberhasilan Soeharto dalam membubarkan PKI yang disaat itu adalah musuh terbesar Indonesia  karena ingin menjadikan negara Indonesia sebagai negara komunis. Beliau pun berhasil mendamaikan dan menamankan negara pasca kejadian pemberontakan PKI.

Di masa ini, demokrasi pancasila mulai diterapkan. Demokrasi ini berlandaskan pancasila dan UUD 1945 dimana pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah mufakat dan keseimbangan atara hak dan kewajiban yang sangat diutamakan. Namun di masa ini, beberapa orang yang menyuarakan kritikannya terhadap sistem pemerintahan bisa hilang atau ditangkap. Dalam hal ini, dibuktikan bahwa penggunaan demokrasi Pancasila belum sepenuhnya berhasil.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang demokrasi pancasila

2. Materi tentang orde lama

3. Materi tentang PKI

—————————–

Detil jawaban

Kelas : 8 SMP

Mapel : PPkn

Bab : Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia

Kode : 8.9.1

Kata Kunci : orde lama, Soeharto, pancasila

#OptiTeamCompetition

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Visi utama pemerintahan orde baru adalah Semoga Bermanfaat.

Baca Juga  Teknik yang digunakan apabila hendak mengoperkan bola jarak dekat adalah