Jelaskan manfaat dari pusat pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan kalian

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan manfaat dari pusat pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan kalian

Manfaat dari pusat-pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan adalah dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Karena dengan adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi dapat membuka lapangan pekerjaan baru selain itu dapat menghasilkan produk-produk yang berjual nilai tinggi dan memiliki kualitas ekspor sehingga dapat meningkatkan devisa negara. Tidak hanya itu, dengan memiliki pusat keunggulan ekonomi diharapkan seluruh kebutuhan hidup rakyat Indonesia dapat  tercukupi.  

Pembahasan

Pusat keunggulan ekonomi adalah suatu sistem ekonomi dimana pemerintah ikut andi dan berpengaruh dalam mengendalikan kegiatan perekonomian. Indonesia adalah suatu negara yang cukup luas dimana disetiap wilayah memiliki keunggulan masing-masing, seperti :

Wilayah Sumatera : Sentra produksi dan pengolahan hasil bumi dan lumbung energy nasional

Wilayah Jawa : pendorong industri dan jasa nasional

Wilayah Bali : pintu gerbang pariwisata dan pendukung pangan nasional

Wilayah Kalimantan : pusat produksi dan pengolahan hasil tambang dan lumbung energy nasional

Wilayah Sulawesi : pusat produksi dan pengolahan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan serta pertambangan nikel nasional.

Wilayah Papua Kep. Maluku : pusat pengembangan pangan, perikanan, energy, dan pertambangan nasional.

Dengan adanya pusat keunggulan ekonomi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan cara semakin banyaknya tersedia lapangan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Agara sumber daya manusia yang tersedia dapat bersaing di era globalisasi ini.

Pelajari lebih lanjut

Detail Jawaban  

Kelas : 11

Mapel : Ekonomi

Bab : Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Kode : 11.12.2

Kata Kunci : Pusat Keunggulan Ekonomi

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan manfaat dari pusat pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan kalian Semoga Membantu.