Manfaat singkong dalam memajukan kesejahteraan masyarakat adalah

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Manfaat singkong dalam memajukan kesejahteraan masyarakat adalah

Jawaban:

Manfaat singkong dalam memajukan kesejahteraan masyarakat adalah memberikan sumber pangan dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tinggal di daerah tandus atau kering.

Pembahasan:

Singkong memiliki keunggulan dibandingkan tanaman padi. Singkong dapat dengan mudah ditanam di daerah tandus, yang tanahnya miskin unsur hara.

Pohon singkong termasuk tanaman yang dapat tumbuh di banyak tempat. Singkong juga dapat ditanam di daerah kering dengan curah hujan yang rendah, karen singkong tidak memerlukan air untuk pertumbuhannya sebanyak yang diperlukan oleh tanaman padi.

Tanaman dengan nama ilmiah Manihot esculenta ini dapat diolah menjadi berbagai produk makanan. Singkong memiliki umbi batang yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan (karbohidrat). Panen dilakukan setelah tanaman setidaknya berumur 9 bulan.  Akan tetapi, umur panen yang paling bagus adalah 12 bulan.  Pada usia ini, umbi singkong sudah cukup banyak dan besar-besar.

Umbi singkong ini dapat direbus, digoreng menjadi keripik atau dijadikan nasi tiwul sebagai makanan pokok pengganti nasi. Umbi singkong juga dapat difermentasi menjadi tape.

Selain umbinya yang dapat dimakan, daun dari singkong juga dapat digunakan sebagai bahan sayur.

Proses penanaman dan pengolahan singkong ini membuka banyak lapangan kerja, terutama di daerah kering yang tidak cocok unduk dijadikan lahan pertanian tanaman padi.

Kode: 4.10.3

Kelas: IV

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 3 – Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi Setempat

Kata kunci: Singkong

 

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Manfaat singkong dalam memajukan kesejahteraan masyarakat adalah Semoga Membantu.

Baca Juga  Tujuan dari pengenalan air dalam olahraga renang adalah