lawan dari jujur adalah

Lawan dari kata JUJUR adalah DUSTA atau BOHONG. Jika jujur diartikan sebagai kesesuaian antara niat, perkataan dan perbuatan maka dusta adalah sebaliknya yakni ketidaksesuaian antara niat, perkataan dan perbuatan. Dalam islam sendiri, jujur adalah salah satu perilaku yang amat sangat mulia sementara dusta sudah jelas tergolong perilaku tercela (akhlakul mazmumah).

» Pembahasan

Dalam islam, jujur dikenal pula dengan istilah SHIDDIQ dan merupakan salah satu sifat wajib para rasul Allah SWT selain fathanah (cerdas), amanah (bisa dipercaya) dan tabligh (menyampaikan).

Adapun lawan dari Shiddiq yang merupakan sifat MUSTAHIL dari para rasul Allah SWT adalah KIDZIB. Kidzib ini artinya adalah dusta atau bohong, yang artinya mengatakan sesuatu yang menyalahi kebenaran atau fakta atau kenyataan. Mereka yang gemar berdusta ini adalah orang-orang yang dekat sekali dengan kemunafikan sebab salah satu ciri orang-orang munafik adalah apabila berkata ia berdusta.

Baca Juga  1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : 1. Membantu Pekerjaan orang tua di rumah 2. Tidak mengikuti nasihat-nasihat orang tua 3. Memperlakukan orang tua dengan sopan dan hormat 4. Membantu kehidupan ekonomi orang tua saat dibutuhkan Yang termasuk perilaku berbuat baik kepada kedua orang tua adalah ……