Sebutkan 4 sifat wajib bagi rasul

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan 4 sifat wajib bagi rasul

Sifat wajib bagi rosul adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang rosul

Adapun sifat-sifat wajib bagi Rosul sebagai berikut :

1) SHIDIQ yang artinya benar, lawan dari sifat ini adalah KIDZIB yang artinya bohong , Rosul Allah tdk mungkin bohong

2) AMANAH yang artinya dapat dipercaya, lawan dari sifat ini adalah KHIANAT yg artinya tdk dapat dipercaya , Rosul Allah tdk mungkin tdk dapat dipercaya

3) TABLIGH yang artinya menyampaikan, lawan dari sifat ini adalah KITMAN yg artinya menyembunyikan wahyu , Rosul Allah tdk mungkin menyembunyikan wahyu yg didapat dari Allah

4) FATHONAH yang artinya cerdas, lawan dari sifat ini adalah BALADAH yg artinya bodoh , Rosul Allah tdk mungkin org yg bodoh.

Pembahasan

Rasul artinya manusia yang diberi wahyu oleh Allah SWT, dan wajib disampaikan kepada umatnya. Perbedaan nabi dan rasul adalah nabi mendapat wahyu yang tidak wajib disampaikan kepada umat, sedangkan rasul adalah nabi yang mendapatkan wahyu namun wajib disampaikan kepada umatnya.

Setiap rasul sudah pasti nabi, tetapi tidak semua nabi adalah rasul. Jumlah nabi yang diutus sangat banyak melebihi jumlah rasul. Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa jumlah nabi yang diutus Allah adalah sebanyak 124.000 orang, dan diantara nabi itu terdapat 313 rasul.

 

Namun dari 313 rosul itu yang wajib kita ketahui hanya 25. Bukan berarti sisanya tidak kita imani. (313 Rosull) tetap wajib kita imani.

Pelajari Lebih lanjut

===============================

Detail Jawaban

Kelas : 5

Mapel : PAI

Kategori : Iman kepada Rosul Allah

Baca Juga  Zat berikut yang termasuk senyawa adalah

Kode : 5.14.7

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan 4 sifat wajib bagi rasul Semoga Membantu.