Ayam petelur diberi perlakuan khusus agar dapat menghasilkan telur

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Ayam petelur diberi perlakuan khusus agar dapat menghasilkan telur

Kelas: XII
Mata Pelajaran: Biologi
Materi: Fertilisasi
Kata kunci: telur, zygot

Saya akan mencoba menjawab dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Telur Ayam Petelur tidak akan dapat menetas menjadi anak ayam, meskipun ayam petelur diberi perlakuakn khusus, karena telur tersebut tidak dihasilkkan dari pembuahan seltelur oleh sel sperma ayam jantan.

Jawaban panjang:

Agar telur ayam bisa berkembang menjadi anakan ayam maka telur tersebut harus dibuahi sebleum keluar dari ayam. Namun telur yang dihasilkan ayam Petelur di peternakan besar umumnya bukan hasil pembuahan, namun telur yang keluar rutin dari ayam petelur.

Ayam petelur betina mengeluarkan telur secara rutin sekitar 25 jam sekali meskipun tidak ada ayam jantan yang membuahinya.

Bila ayam betina ini dikawini dengan ayam jantan sebelum bertelur, maka sel telur ayam akan dibuahi oleh sel sperma ayam jantan dan telur ayam akan mengandung zigot. Bila telur ini dierami atau dijaga suhunya dalam inkubator agar tetap hangat selama 21 hari, maka telur ini akan berkembang dan menetas menjadi anakan ayam.

Sebaliknya bila ayam betina tidak dikawini oleh ayam jantan, sel telur tidak akan menjadi zigot dan setelah dikeluargan sebagai telur, tidak akan berkembang.

Ayam betina mulai mengeluarkan telur pada usia 20 minggu dan akan bertelur dalam jumlah banyak sampai sekitar 25 minggu.

Secara umum tidak ada perbedaan rasa antara telur yang dibuahi dengan telur yang tidak dibuahi.

Jenis ayam yang biasa digunakan sebagai ayam petelur misalnya adalah ayam Ancona, ayam Sussex, ayam Plymouth Rock dan ayam Leghorn.

Baca Juga  Like me to clean your car

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Ayam petelur diberi perlakuan khusus agar dapat menghasilkan telur Semoga Membantu.