Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia karena

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia karena

Jawaban:

c.perjannjian antara indonesia dan belanda

d.meruppakan pemufakatan bangsa sebagai wakil seluruh rakyat indonesia

Penjelasan:

Pada tanggal 17 agustus 1945 Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Sebagai negara yang telah memproklamasikan kemerdekaan, Indonesia memilih pancasila sebagai landasa negara. Landasan negara inilah yang menjadi pondasi dari negara Indonesia. Pancasila terbentuk karna suatu kesepakatan yang di peroleh dari jiwa bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara, pancasila menjelma menjadi sebuah landasan yang mendasari dari segala aspek yang terjadi pada NKRI.

Banayak pembahasan mengenai dasar negara NKRI ini. Salah satu pembahasannya adalah fungsi dari pancasila itu sendiri. Pancasila memiliki beberapa fungsi, diantaranya :

Sebagai Identitas bangsa

Sebagai Perjanjian luhur

Sebagai cita-cita bangsa

Sebagai sumber tertip Indonesia

Sebagai falsafah pemersatu bangsa

Pada kesematan ini pada blog saya akan membahas tentang salah satu fungsi dari pancasila yaitu sebagai perjanjian luhur.

Pada saat bangsa Indonesia bangkit untuk hidup sendiri sebagai bangsa yang merdeka, bangsa Indonesia telah sepakat untuk menjadikan Pancasila sebagai Dasar Negara. Kesepakatan itu terwujud pada tanggal 18 Agustus 1945 dengan disahkannya Pancasila sebagai Dasar Negara oleh Panitia Persiapan  Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang mewakili seluruh bangsa Indonesia. Namun selain sebagai dasar negara ternyata pancasila juga memiliki peran sebagai perjanjian luhur.

Apa yang di maksut perjanjian luhur ?

Perjanjian luhur adalah suatu perjanjian yang dianggap penting dan mencakup banyak hal, banyak individu dan banyak pembahasan. Selain itu perjanjian luhur dapat di artikan bahwa perjanjian itu memiliki nilai yang di anggap penting.

Lalu apa yang dimaksud pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa ?

Baca Juga  Surat al kautsar diturunkan di kota

Pancasila dikatakan sebagai perjanjian luhur bangsa karena Pancasila digali dari sosio-budaya bangsa Indonesia sendiri, disepakati bersama oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai milik bangsa yang harus diamalkan serta dilestarikan.

Keragaman budaya bangsa Indonesia inilah yang mengangkat bahwa pancasila sebagai perjanjian luhur dimana pada saat para proklamator kemerdekaan kita memutuskan untuk menjadikan pancasila sebagai dasar negara disana tercantum suatu perjanjian yang menyangkup seluruh rakyat Indonesia. Sebagaimana yang telah tertera ada butir sila pertama menyebutkan bahwa   

“ketuhanan yang maha esa”. Keragaman agama yang ada di NKRI inilah yang membuat butir 1 pada pancasila tersebut berbunyi ketuhanan yang maha esa.

Pada mulanya butir pertama pada pancasila mengandung unsur 1 agama (menjerus pada agama islam) yang menyebut atas rahmat ALLAH, namun setelah terjadi pembahasan lebih dalam akhirnya  tercetuslah ketuhanan yang maha esa sebagai sila yang pertama. Selain keragaman agama yang ada di Indonesia keragaman budaya juga menjadi tolah ukur mengapa pancasila disebut sebagai perjanjian luhur bangsa. Karena keragaman suku bangsa dan agama bangsa Indonesia menyatakan bahwa mereka bersatu atas nama bangsa Indonesia, yang menjadikan pancasila sebagai perjanjian yang menyangkut seluruh rakyat Indonesia

Itulah alasan mengapa pancasila di katakan sebagai perjanjian luhur, karena pancasila terbentuk atas dasar bangsa Indonesia dan menyangkut seluruh bangsa Indonesia

Semoga membantu

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia karena Semoga Membantu.