Apakah gagasan atau pendapat yang disampaikan penulis dalam teks tersebut

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apakah gagasan atau pendapat yang disampaikan penulis dalam teks tersebut

Jawaban:

Teks eksposisi adalah teks yang memaparkan suatu gagasan yang disertai dengan alasan-alasan yang logis. Tujuan teks eksposisi adalah agar orang lain memahami gagasan yang disampaikan. Gagasan tersebut disampaikan oleh penulis atau pembicara berdasarkan sudut pandang tertentu.

Penjelasan:

1. Apakah gagasan atau pendapat yang disampaikan penulis dalam teks pembangunan dan bencana lingkungan?

Pendapat yang disampaikan adalah Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius

2. Argumen apa yang disampaikan oleh penulis untuk mendukung pendapatnya dalam teks pembangunan dan bencana lingkungan.?

Argumen yang disampaikan adalah

Enam masalah lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan.

Para ahli menyimpulkan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh praktik pembangunan yang tidak memerhatikan kelestarian alam, atau disebut pembangunan yang tidak berkelanjutan.

Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan.

Pada tahun 2005 – 2006 tercatat, telah terjadi 330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, 7 bencana letusan gunung berapi, 241 gempa bumi, dan 13 bencana tsunami. Bencana longsor dan banjir itu disebabkan oleh perusakan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam.

Bencana alam lain yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana.

3. Apakah rekomendasi yang disampaikan oleh penulis dalam teks dalam teks pembangunan dan bencana lingkungan?

Rekomendasi yang disampaikan adalah harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.

Baca Juga  Di daerah jawa pencak silat dikenal dengan istilah

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apakah gagasan atau pendapat yang disampaikan penulis dalam teks tersebut Semoga Membantu.