Sebutkan dan jelaskan struktur teks biografi

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sebutkan dan jelaskan struktur teks biografi

✎  Jawaban Pendek

⇒ Teks biografi memiliki struktur yang terdiri dari bagian orientasi, bagian peristiwa atau masalah, serta bagian reorientasi.

 Jawaban Panjang

⇒ Teks biografi merupakan bentuk teks yang memuat atau berisi mengenai kisah maupun cerita seorang tokoh dalam menjalani kehidupannya, baik berupa kelebihan, masalah maupun kekurangan tokoh tersebut yang ditulis oleh orang lain maupun oleh tokoh yang bersangkutan langsung agar dapat menjadi teladan bagi banyak orang.

Adapun struktur teks biografi, terdiri atas:

a. Orientasi, merupakan bagian yang pada umumnya menjelaskan maupun mengenalkan tokoh dalam biografi. Pengenalan tokoh dalam biografi ini berupa siapa tokoh tersebut serta prestasi maupun pencapaian yang diraih tokoh tersebut agar menunjukkan bahwa tokoh dalam biografi menarik untuk diketahui kehidupannya.

b. Masalah atau peristiwa, merupakan bagian yang berisi mengenai masalah-masalah maupun peristiwa-peristiwa penting yang dialami sang tokoh dalam biografi selama perjalanan hidupnya baik berupa proses dalam berkarir, pemecahan masalah, langkah mencapai cita-cita maupun kesuksesan, kisah sedih, bahagia, serta mengharukan yang dialami pernah sang tokoh dalam biografi.

c. Reorientasi, merupakan bagian bagian penutup yang bersifat pilihan. Bersifat pilihan karena dalam teks biografi boleh ada maupun tidak. Dalam bagian reorientasi ini memuat pandangan maupun pendapat pribadi penulis terhadap tokoh dalam biografi. Adapun pendangan ini bersifat positif maupun negatif tergantung pada penulis itu sendiri.

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan dan jelaskan struktur teks biografi Semoga Bermanfaat.

Baca Juga  Kapan bangsa barat mulai melakukan penjelajahan samudra